7 Jenis Ikan Oscar Terpopuler Di Indonesia

Jenis Ikan Oscar - Ikan oscar adalah jenis ikan predator dari keluarga cichlid. Ikan dari perairan air tawar ini sangat populer di Indonesia karena memiliki warna dan pola yang bervariasi. 

Ikan oscar atau nama latinnya Astronotus ocellatus cukup familyar di kalangan penghobi ikan hias. Umumnya, ikan oscar tumbuh mencapai 40 cm atau sekitar kurang lebih 3 kg. Dibalik warna yang indah, ikan oscar ternyata salah satu ikan yang paling cerdas diantara jenis ikan predator lainnya. 


Ikan oscar berasal dari daerah Amerika Selatan, khususnya di daerah sungai Amazon yang arusnya bergerak lambat. Walaupun ikan oscar berasal dari sungai Amazon, ikan oscar juga banyak tersebar di pasaran Indonesia.

Dari sekian banyak jenis ikan oscar di dunia, terdapat tujuh jenis ikan oscar yang cukup diminati penghobi ikan predator di Indonesia. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

Jenis Ikan Oscar Terpopuler


Jenis ikan oscar termasuk salah satu ikan predator yang mudah sekali ditemukan di pasaran Indonesia. Tapi, untuk jenis atau varian ikan oscar langka memang perlu tenaga dan uang yang sedikit merogoh dompet lebih dalam untuk memilikinya.

Penasaran ya? Yuk simak beberapa jenis ikan oscar terpopuler di Indonesia.


1. Ikan Oscar Albino


Ikan Oscar Albino


Karakter albino pada umumnya disebabkan karena adanya corak merah cerah pada tubuhnya. Selain itu, jenis ikan ini juga sangat sulit untuk dibudidayakan karena kebanyakan orang menganggap ikan tersebut merupakan ikan yang memiliki kelainan di warna tubuhnya. 

Harga oscar albino tergolong sedikit lebih murah jika di daripada ikan oscar jenis lainnya. 
 
Tubuh ikan ini berwarna dasar putih dan memiliki corak warna merah. Dipasaran lokal, Harga oscar albino tergolong sedikit lebih murah jika di daripada ikan oscar jenis lainnya.


2. Ikan Oscar Red


Ikan Oscar Red

Selain ikan oscar albino ada juga ikan oscar yang berjenis Red. Ikan oscar jenis red termasuk golongan ikan predator yang bersifat agresif seperti kebanyakan ikan oscar sejenisnya. 
 
Ikan ini memiliki warna hitam dikepalanya dan warna dasar merah ditubuhnya. Nah, karena ikan ini sulit dicari membuat harga ikan oscar red dibandrol sekitar 400.000 per ekornya.

3. Ikan Oscar Slayer


Ikan Oscar Slayer


Ikan oscar slayer ini sangat populer dikalangan penghobi ikan preda dikarenakan memiliki kelainan genetik dibagian ekornya. Kelainan yang dimiliki ikan tersebut sangat memikat para pecinta ikan hias jenis predator.  
 
Ikan  oscar jenis slayer ini memiliki bentuk ekor yang panjang dan melebar. Bicara soal harga, ikan ini dibandrol harga sekitar 100-150 ribu per ekor.

4. Ikan Oscar Tiger

Ikan Oscar Tiger
Ikan oscar jenis tiger merupakan ikan yang paling mengerikan karena memiliki sifat yang agresif dan memiliki corak warna yang garang ditubuhnya. 
 
Ikan ini memiliki warna dasar hitam dan memiliki corak berwarna orange kemerahan. Pada saat berukuran dewasa, harga oscar tiger 4 jari ini dibandrol harga sekitar 100-200 ribu per ekor.

5. Ikan Oscar Batik

Ikan Oscar Batik
Ikan oscar batik memiliki ciri-ciri warna yang hampir sama dimiliki ikan oscar tiger. Namun, jika diperhatikan secara detail kedua ikan tersebut terdapat perbedaan pada coraknya. 
 
Ikan oscar ini memiliki corak atau pola seperti batik dan sebagian sisiknya berwarna orange. Ikan ini dibandrol harga sekitar 40-60 ribu pada saat berukuran tiga jari.


6. Ikan Oscar Hitam


Ikan Oscar Hitam


Jenis ikan oscar yang satu ini bisa dibilang sangat sulit ditemui atau langka, sama seperti oscar albino dan oscar slayer yang memiliki kelainan genetik. 
 
Ikan ini cenderung memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya. Bicara soal harga, ikan oscar hitam dihargai 100-150 ribu per ekor pada saat berukuran dewasa.

7.Ikan Oscar Lemon (Paris Albino)


Ikan Oscar Lemon


Jenis ikan oscar ini memiliki keunikan diwarna tubuhnya karena warnanya menyerupai buah lemon. Ikan oscar lemon atau paris albino ini dibandrol cukup lumayan mahal, sekitar 150-200 per ekor untuk ikan yang sudah dewasa. 
 
Ciri khas ikan oscar tersebut berwarna kuning diseluruh tubuhnya.


Bagaimana sobat ? apakah tertarik untuk memeliharanya? Jika kalian tertarik pastikan anda memiliki akuarium yang besar untuk memeliharanya. 
 
Walaupun rata-rata ikan oscar bersifat agresif, ikan oscar juga bisa berdamai dengan jenis ikan lainya semisal digabungkan atau dicomtank, dengan catatan berukuran sama atau tidak terlalu kecil.

Itulah tadi 7 jenis ikan oscar yang dapat menjadi pilihan hewan peliharaan sobat! Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan baca artikel lain mengenai ikan hias dan ikan predator di iwakgalak.com

1 Response to "7 Jenis Ikan Oscar Terpopuler Di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel