9 Jenis Ikan Arwana yang Termahal

Jenis Ikan Arwana merupakan salah satu ikan hias yang terkenal dengan keunikan dan harganya yang sangat mahal.

Harga satu ekor ikan arwana bisa mencapai milyaran rupiah loh sob! Untuk ikan arwana termahal dipegang oleh arwana platinum.

Ikan yang memiki sifat agresif ini memiliki warna yang bervariasi.Warna corak tubuh arwana yang begitu indah membuat ikan ini dibandrol sangat mahal.

Ikan predator air tawar dengan nama Osteoglossidae ini memiliki berbagai ukuran tergantung pada jenis tempat asal dan lingkungan hidupnya. Selain itu ikan Arwana bisa hidup sampai umur 50 tahun.

Ada berbagai macam jenis ikan arwana di dunia, namun beberapa jenis yang dapat dipelihara berasal dari Asia, Amerika Selatan, Australisa, hingga Afrika. Di wilayah Indonesia sendiri banya ditemukan ikan Arwana Jardini yang berasal dari daerah Papua dan Arwana Super Red dari Kalimantan.

Berikut ini adalah jenis ikan arwana yang terpopuler dikalangan penghobi ikan hias:


Jenis Ikan Arwana Termahal


1. Ikan Arwana Red Tail Golden


jenis ikan arwana

Ikan arwana red tail golden biasa disebut dengan nama Golden Red, berasal dari wilayah Pekanbaru Riau dan beberapa wilayah Sumatera lainnya. 

Ikan Arwana Golden Red memiliki sifat yang agresif, oleh karena itu ikan ini susah untuk ditanggakap. 

Harga Ikan arwana ini biasanya dipatok Rp.4-5 Juta untuk satu ekornya. Golden red mampu tumbuh panjang hingga 90 cm.


2. Ikan Arwana Brazil (Silver Arowana)

 
ikan arwana silver

Silver arowana sangat familiar di Indonesia karena harga ikan tersebut sangat terjangkau dan dapat dibilang salah satu ikan arwana yang mudah dipelihara dibandingkan dengan arwana jenis lain. Harga ikan arwana ini yaitu Rp. 2 Juta per ekornya.

Ikan ini memiliki ciri-ciri bentuk tubuh dan sirip panjang ditambahi warna silver ditubuhnya. Silver arowana ini mampu tumbuh hingga 1 meter.

Ikan ini memiliki keunikan yaitu mampu melompat keudara untuk menangkap mangsanya, seperti serangga.


3. Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)

 
jenis ikan arwana

Ikan Arwana Banjar memiliki sifat yang agresif dan sangat aktif, ikan yang memiliki ciri khas warna orange dan berwarna kekuningan mampu tumbuh mencapai 90 cm.

Jika ingin memelihara ikan arwana jenis ini harus disiapkan ukuran akuarium yang besar untuk ruang geraknya.

Harga ikan arwana ini tidak terlalu mahal, halanya Rp. 2 jutaan saja untuk per ekornya.


4. Ikan Arwana Black (Golden Based Black)

jenis ikan arwana

Ikan Arwana golden black memiliki warna emas pada sisik serta berwarna kehitaman pada setiap sisinya. 

Ikan ini banyak ditemukan di wilayah Malaysia khususnya didaerah Penang. Ikan ini banyak berkembang biak di rawa-rawa.

Ikan ini termasuk salah satu ikan yang termaha, harganya mencapai Rp.18 Juta per ekornya. Wow cukup fantastis kan sob!


5. Ikan Arwana Super Red

jenis ikan arwana

Ikan Arwana Super Red merupakan ikan asli Indonesia dan menjadi salah salah satu ikan peliharaan yang sangat digemari oleh para penghobi, karena memiliki warna merah yang mencolok dan sangat aktif. 

Ikan Arwana Super Red dapat ditemukan di Sungai Kapuas dan dekat danau dibagian barat Kalimantan, Indonesia.

Berbicara soal harga, ikan ini dibandrol mulai kisaran Rp. 2 Juta hingga Rp. Rp.48 Juta per ekornya, tergantung ukuran dan kecerahan warnanya.


6. Ikan Arwana Croos Back Golden

Nama lain dari ikan ini antara lain Pahang Golden, Taiping Golden, Malaysian Gold. Ikan ini dapat ditemui di Malaysia yakni di sekitaran Perak, Tyrengganu, danau Bukit Merah, hingga Johor.

Ikan ini memiliki banyak tipe warna namun yang paling mencolok adalah warna emas dibagian punggungnya yang menjadikan ciri khas ikan tersebut. 

 Ikan ini harganya juga cukup mahal. Untuk mendapatkan ikan cantik ini anda harus merogoh kocek sebesar Rp 18 Juta per ekornya.


7. Ikan Arwana Platinum

 
jenis ikan arwana

Arwana Platinum merupakan ikan yang arwana yang paling dicari oleh para penghobi. Pasalnya ikan ini memiliki warna cantik dan mengkilap seperti platinum.

Platinum arowana memiliki ciri warna tubuh yang sesuai dengan namanya yaitu seperti platinum yang terlihat mengkilap dan memukau, karena tampilannya yang memukau ikan ini dibanrol sangat mahal.

Ikan arwana platinum menjadi ikan arwana termahal, karena harganya mampu mencapai Rp 5, 7 Milyar untuk satu ekornya. Sungguh harga yang sangat fantastis kan sob!


8. Ikan Arwana Hijau (Green Arowana)

Green Arowana atau Golden Pino merupakan jenis ikan yang berasal dari Asia, ikan tersebut bisa ita temui di beberapa negara seperti, Thailand, Malaysia, Myanmar, Indoneisa, Vietnam dan Kamboja. 

Ikan ini memiliki ciri warna kombinasi kuning emas dan hijau yang samar, ikan ini mampu tmbuh dewasa hingga 90 cm. Ikan ini memiliki ciri khas kepala yang sedikit lebih besar dibanding ikan arwana lainnya.


9. Ikan Arwana Batik (Myanmar Arowana)

 
Jenis ikan arwana


Ikan ini memiliki ciri yang unik karena tubuhnya dipenuhi sisik berpola seperti batik, hal tersebut membuat perbedaan dengan semua jenis Arwana yang dominan seperti warna perunggu. Kombinasi dengan warna silver.

Ikan dengan corak yang sangat unik ini dipatok dengan harga Rp 56 Jutaan.

Baca Juga : Penyebab Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Bagimana sobat? Apakah kalian tertarik untuk memilihara ikan mahal ini? Jika kalian berminat memelihara ikan jenis arwana, saya sarankan rutin untuk mengganti air 30% per minggu dan memiliki filtrasi yang berkualitas.

Selain itu kalian tidak perlu menambahkan ornament di dalam akuarium arwana kalian, mengingat ikan arwana sangat aktif dan ornament tersebut justru dapat merusak sisik ikan mahal kalian.

Bicara soal merawat warna sisik ikan arwana, kalian tidak perlu menambahkan obat-obatan, kalian hanya perlu memberi pakan hidup seperti, kelabang, kodok, dan udang secara rutin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel