8 Jenis Ikan Palmas, Si Ikan Naga Purba

Jenis Ikan Palmas - Untuk kalian yang hobi memelihara ikan predator air tawar pasti tidak asing dengan ikan satu ini, yakni ikan palmas atau polypterus. Ikan ini memiliki tampilan yang sangar dan menarik untuk melengkapi ikan diarea bawah. 

Ikan palmas merupakan jenis ikan predator purba yang sangat terkenal dikalangan penghobi ikan hias. Keunikan dari ikan ini terletak pada sirip punggung atas yang terlihat seperti naga, oleh karena itu ikan palmas sering juga disebut sebagai ikan naga. Ikan purba ini juga memiliki kemampuan untuk bertahan selama beberapa waktu serta mampu berjalan dengan siripnya.

Ikan yang suka berburu dimalam hari ini memiliki sepasang paru paru primitif dan kantong kemih. Ikan palmas lebih suka berenang di dasar air dan sesekali naik ke permukaan air untuk menghirup udara.

Habitat asli ikan palmas berada di Afrika dan aliran sungai nil. Ikan air tawar satu ini mampu tumbuh mencapai 30 cm. Walaupun memiliki tampilan yang sangar, ikan palmas termasuk ikan yang jinak loh. 

Oleh karena itu banyak para penghobi yang menggabungkan ikan palmas dengan ikan lainnya, dengan catatan ukurannya sama atau sepadan.


8 Jenis Ikan Palmas 

 

jenis ikan palmas
 

Ikan palmas sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Harganya pun bervariasi tergantung dengan jenis dan ukurannya. Mungkin di Indonesia yang lebih digemari yaitu ikan palmas albino.

Jenis ikan palmas cukup beragam, mau tau ap saja jenisnya? Berikut ini jenis-jenis ikan palmas yang sering dijual di pasaran Indonesia. Yuk simak ulasan berikut ini:


1. Barred Bichir (Polyptrus Delhezi)

Ikan Palmas dari Kongo Afrika ini merupakan ikan jenis karnivora yang merupakan ikan predator. Makanan yang paling cocok adalah pakan hidup seperti udang, cacing dan kerang. Ikan palmas jenis ini juga cocok digabungkan dengan ikan lain karena ikan palmas bersifat damai.

Ikan yang mampu tumbuh hingga mencapai 35 cm ini memiliki ciri-ciri rahang bawah lebih panjang dari pada rahang atas.

2. Saddled Bichir (Polypetrus Endlicheri)

Polypetrus Endlicheri ini merupakan salah satu spesies ikan palmas terbesar yakni mampu tumbuh mencapai 50cm bahkan hingga mencapai 75cm. Ikan yang berasal dari afrika ini memiliki kepala kecil seperti kadal yang menganga dan mata kecil dikedua sisinya.

Untuk mendeteksi bau mangsanya ikan ini mengandalkan indrapenciuman karena penglihatan ikan ini buruk.

3. Congo Bichir (Polypterus Endlicheri Congicus)

Ikan palmas ini merupakan ikan palmas terbesar, yang mampu tumbuh hingga 1,2 m. Ikan kan ini memiliki rahang yang kuat untuk merobek mangsanya dalam waktu yang singkat. Ikan ini  memiliki warna belang-belang pada tubuhnya. 

Baca Juga -  Ikan Largemouth Bass Si Predator dari Amerika Utara

4. Ornate Bichir (Polypterus Ornatipinnis)

Ikan ornate bichir berasal dari afrika yang memiliki corak berbintik-bintik berwarna kuning atau orange cerah. Ikan palmas jenis ini mampu tumbuh hingga ukuran 70-100 cm.

5. Gray Bichir (Polypterus Senegalus)

Ikan ini banyak ditemui dipasaran indonesia dan cukup diminati, ikan yang berberjenis albino ini mampu tumbuh mencapai 35 cm. Ciri-ciri ikan ini memiliki bibir atas yang lebih panjang dari bibir bawah.

6. Polypterus Weeksii

Polypterus weeksii atau biasa juga disebut motled bichir adalah ikan palmas yang hampir mirip dengan palmas teugelsi. 

Yang membedakan ialah warnanya lebih gelap.Ikan ini  memiliki kepala yang bisa dibilang besar dan mampu tumbuh besar sekitar 55 cm. 

Baca Juga - Mengenal Ikan Channa Pleurophthalma

7. Lapradei Bichir (Polypterus Bichir lapradei)

Ikan ini terlihat mirip dengan ikan palmas nile keduanya memiliki pola garis yang berhubungan (prarel) Mulai dari kepala hingga ekor. Bedanya lapredei memiliki jumlah duri yang lebih sedikit.

8. Polypterus Mokelembembe (mokele-mbembe bichir)

Menurut informasi ikan ini  merupakan jenis dinosaurus yang masih hidup di hutan-hutan kongo, ikan ini tergolong ikan yang berjenis primitif diantara semua bichir.

Jika kalian berminat untuk memelihara pastikan memiliki aquarium yang besar Untuk menampung ikan tersebut, mengingat ikan ukuran jenis polypterus cukup lumayan besar. 

Kalian juga bisa menggunakan ornamen seperti potongan kayu atau batu untuk tempat persembunyian ikan jenis polypterus dan sebaiknya memiliki tutup karena ikan ini dapat melompat keluar aquarium.


1 Response to "8 Jenis Ikan Palmas, Si Ikan Naga Purba"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel