6 Rekomendasi Pakan Channa Maruliodes Agar Cepat Besar

Rekomendasi Pakan Channa Maruliodes Agar Cepat Besar - Hallo sobat iwak galak, bagi kalian yang penghobi ikan predator pasti tidak asing dengan ikan channa maruliodes. Ikan asli dari Indonesia ini paling dicari oleh para kolektor ikan predator karena memiliki warna yang khas di tubuhnya.

Agar dapat memiliki warna yang indah dibutuhkan perawatan serta makanan yang terbaik. Berbicara mengenai pakan ikan, setiap penghobi ikan channa maru pasti memiliki pakan andalannya masing-masing.

Pakan sangat berpengaruh dan medorong untuk mempercepat mutasi warna ikan channa maruliodes. Berikut merupakan 6 rekomendasi pakan ikan channa maruliodes :

Rekomendasi Pakan Channa Maruliodes 


1. Cacing sutra

pakan channa maruliodes

Cacing sutra atau cacing rambut memiliki ukuran yang sangat kecil bila dibandingkan dengan ukuran jenis cacing lainnya. Cacing sutra sangat membantu pertumbuhan channa maru karena cacing sutra mengadung banyak protein, lemak yang cukup, serat yang baik untuk pencernaan, serta kandungan mineral dan air.

Selain itu, karena ukurannya yang kecil dan lembut membuat  cacing sutra mudah dicerna untuk channa yang masih kecil ataupun channa dewasa. Saat ini sudah banyak yang membudidayakan cacing sutra ini, sehingga jika kalian ingin membelinya sudah banyak di toko ikan terdekat atupun di toko online.

2. Jangkrik

jangkrik pakan maru

Ada beberapa jenis jangkrik di Indonesia dan semua jenis jangkrik baik untuk pertumbuhan ikan. Kenapa dikatakan baik? Karena jangkrik memiliki kandungan gizi yang melimpah. Jangkrik sangat cocok untuk variasi pakan agar channa tidak bosan.

Baca Juga : Perbedaan Channa Maruliodes Borneo dan Sumatra

Tapi Ingat, pilih jangkrik muda dan jangan memberi pakan jangkrik berlebihan karena dapat membuat akuarium kalian cepat kotor. Jika kalian ingin mencarinya sudah mudah karena jangkrik sudah banyak di jual di toko pakan ikan maupun burung.

3. Ulat Hongkong

ulat hongkong pakan maru

Pakan jenis ini sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan channa karena banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti kandungan protein kasar, lemak kasar, kadar abu, kadar ekstrak non nitrogen serta kadar air yang cukup tinggi. Ulat hongkong juga dapat dipercaya membantu mempertebal tubuh ikan channa maru.  Jenis ulat ini sangat mudah kalian jumpai di toko ikan terdekat

4. Udang

udang pakan maru


Selain untuk mempercantik warna ikan, udang juga sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan channa karena bisa dibilang lengkap kandungannya serta mudah untuk dicerna. Udang merupakan salah satu pakan alami yang sangat cocok untuk perkembangan ikan channa.

Baca Juga : Kesalahan dalam Memelihara Ikan Channa Maruliodes

5. Ikan kecil

ikan kecil pakan maru


Memberi pakan ikan kecil sangat baik untuk menjaga insting predator ikan agar tidak hilang. Selain itu, ikan kecil juga mengadung protein yang cukup untuk membantu perkembangan ikan channa.

6. Kutu air

Tidak hanya untuk pakan ikan cupang saja, kutu air sangat baik untuk pertumbuhan tulang ikan channa yang masih kecil-kecil. Adapun kandungan proteinnya ialah 20-50%, dan karbohidrat sekitar 0,6-0,9%. Sedangkan untuk lemak hanya 0,5-0,7%.

Baca Juga : Tips Perawatan Channa Maruliodes

Pakan diatas merupakan rekomendasi dari kami untuk ikan channa maru. Kalian bisa mencobanya dirumah dan lihatlah hasilnya. Selamat Mencoba!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel