6 Cara Mengobati Penyakit Dropsy Pada Ikan Channa Maruliodes

Cara Mengobati Penyakit Dropsy – Merawat ikan channa maruliodes bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, yang terpenting adalah kita harus selalu menjaga pola makan ikan dan memperhatikan kebersihan air akuarium ikan tersebut.

Banyak orang berfikir memelihara ikan channa maruliodes itu susah, padahal kalau kita paham dan tahu pasti akan mudah .Jika kalian ingin memeliharanya pastikan kenali dulu penyakit yang biasa menyerang ikan Channa Maruliodes, yaitu Dropsy.


cara mengobati penyakit dropsy pada ikan channa maru


Cara Mengobati Penyakit Dropsy Pada Ikan Channa Maruliodes


Untuk itu, berikut adalah langkah-langkah  cara mudah untuk mengobati penyakit dropsy pada ikan channa maruliodes:

1. Akuarium karantina


Isi akuarium karantina dengan air bersih. Memasukan ikan yang terkena penyakit ke akuarium karantina dan mengisi dengan air bersih, bertujuan untuk langkah awal mengobati penyakit ikan agar tidak semakin parah. 

Pastikan ikan yang terkena penyakit tidak dicampur dengan ikan lain dengan tujuan agar tidak menular.

2. Gunakan heater


Selain untuk memperbaiki suhu air di akuarium agar tetap stabil, menggunakan heater untuk proses pengobatan bisa dibilang sangat efektif. 

Untuk proses pengobatan suhu air yang ideal adalah sekitar 28-30 derajat celsius. Menaikan suhu air di akuarium tersebut agar mencegah penyakit berkembangbiak.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Pakan Channa Maruliodes Agar Cepat Besar

3. Garam ikan


Memasukan garam ikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan sangat bermanfaat untuk pengobatan ikan. Garam ikan berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar garam di dalam tubuh ikan khususnya dibagian ginjal. 

Garam ikan juga berfungsi untuk mengurangi stress akibat dari pemindahan ikan ke akuarium karantina. 

Cara menggunakan garam ikan ialah, masukan garam ikan ke wadah gelas atau gayung kemudian larutkan terlebih dahalu sebelum dimasukan ke dalam akuarium. 

Dosis yang dianjurkan untuk pengobatan adalah 1 sendok makan untuk 30 liter air. Pastikan untuk pemakaian harus sesuai dosis. Karena jika melebihi dosis, ginjal ikan akan bekerja terlalu keras dan bisa membuat ikan mati.

4. Daun ketapang kering


Penggunaan daun ketapang bermanfaat untuk memperbaiki sisik yang rusak karena bengkak di perut ikan. Selain itu daun ketapang juga berguna untuk menyerap racun dalam air. 

Sebelum di masukan ke akurium, bersihkan terlebih dahulu daun ketapang kering tersebut. Setelah di bersihkan, langsung masukan 5-10 lembar daun ketapang kering ke dalam akuarium.

5. Rutin ganti air


engganti air paling tidak 30% per 3 hari. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih dan mempercepat penyembuhan ikan channa.

Dan ingat, jika kalian mengganti air 30% jangan lupa menambahkan garam ikan dan daun ketapang kering secukupnya ke dalam air akuarium yang baru.

6. Amati proses pengobatan


Kalian harus memperhatikan proses pengobatan ikan. Jika kondisi ikan mulai membaik dan bengak ikan ikan sudah kempes, tetaplah menaruh ikan channa di dalam akuarium karantina. Lalu gantilah air 30-50 % agar kualitas air tetap bersih.

Baca Juga : Mengenal jenis penyakit ikan dan cara pencegahannya

Cobalah langkah-langkah diatas agar ikan channa maruliodes kembali hidup sehat dan Jika ada kemajuan penyembuhan, kembalikan ikan channa tersebut ke akuarium utama. Selamat mencoba!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel