Mengenal Ikan Genghis Khan Si Hiu Air Tawar

Ikan Genghis Khan

Bagi para penghobi ikan predator mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Sebutan populer ikan ini adalah Genghis Khan. Ikan ini mempunyai nama latin Pangasius sanitwongsei, dan masih satu keluarga dengan Catfish

Genghis khan memiliki beberapa sebutan, seperti pangasid catfish, paroon shark dan giant pangasius. Ikan ini  mampu tumbuh besar sekitar 2,5 meter dan berat hingga 200 kg. Si hiu air tawar ini memiliki ciri-ciri yang unik, sehingga sangat menarik untuk kita bahas.

makanan ikan genghis khan dan cara perawatannya
Photo by Instagram/iwakpredator

Ikan Genghis Khan berasal dari Sungai Chao Phraya dan Mekong, yaitu meliputi negara Kamboja, Laos, China, Thailand, dan juga Vietnam.

Karakteristik


Jika di lihat sekilas genghis khan memang mirip dengan ikan hiu. Genghis khan memiliki sirip menjulang ke atas dan warna tubuh abu-abu gelap, dari ciri-ciri tersebut membuat ikan ini mirip dengan ikan hiu, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai hiu air tawar.

Namun jika dilihat secara detail, ikan genghis khan berbeda dengan ikan hiu. Genghis khan tidak memiliki gigi yang tajam seperti hiu, hanya ciri-ciri fisik luarnya saja yang hampir menyerupai hiu laut.

Ikan ini juga mirip dengan ikan patin, mungkin bagi kalian yang tidak tahu tentang ikan ini pasti mengira ikan ini adalah ikan patin biasa. Karena ikan genghis khan juga memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan ikan patih.

Perbedaanya terletak pada sirip dan bentuk kepala, genghis khan memiliki sirip yang tinggi meruncing keatas dan kepala yang lebih lebar dari patin. Sedangkan ikan patin memiliki sirip yang pendek dan bentuknya agak bulat.

Makanan


Bicara soal makanan, ikan ini terbilang rakus dan terbilang cukup fleksibel karena memakan apa saja baik dalam kondisi hidup maupun mati. Karena mempunyai bentuk mulut yang lebar, jadi sangat memungkinkan ikan ini untuk memangsa ikan dengan ukuran yang besar. 

Genghis khan merupakan salah salah satu ikan jenis predator, jadi untuk masalah pakan kurang lebih sama seperti ikan predator lainnya.

Di habitat aslinya, hiu air tawar ini memangsa apa saja yang sekiranya muat dimulutnya. Tapi, biasa para penghobi memberi pakan hidup seperti, jangkrik, ulat, cacing, udang, dan ikan-ikan kecil.

Pada saat memburu mangsanya, genghis khan ini mengandalkan indra penciumannya. Jika kalian memasukkan makanan ke akuarium, ikan ini akan berputar-putar mencari makanannya sampai ketemu, cukup unik kan!


Tips perawatan

Jika kalian merawat ikan genghis khan, pastikan kalian memiliki akuarium yang cukup besar mengingat genghis khan mampu tumbuh besar. 

Kalian juga tidak perlu menambahkan ornament lainnya di dalam akuarium, Karena genghis khan tipe ikan yang aktif senang berenang di area tengah akuarium kalian. Ikan ini sangat cocok jika digabungkan dengan ikan lain, namun harus yang seukuran yaa sob. Pastikan temperature suhu 24-27Âșc dan pH air  6,5- 75.

Baagaimana sob, tertarik untuk memelihara ikan ganas ini?selamat mencoba!!

0 Response to "Mengenal Ikan Genghis Khan Si Hiu Air Tawar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel