Mengenal Ikan Arwana Jardini Dari Papua

Ikan Arwana Jardini

Hallo sob, siapa sih yang tidak kenal dengan ikan arwana? Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan ikan yang cantik dan bernilai ekonomi tinggi ini. 

Ikan arwana termasuk salah satu jenis ikan yang sangat digemari untuk dibudidayakan atau hanya sekedar sebagai penghias akuarium dirumah.

Nah kali ini kami akan membahas salah satu jenis ikan arwana yang berasal dari ujung timur Indonesia, yaitu Arwana Jardini atau Jardini Arowana.

Karakteristik Ikan Arwana Jardini


harga Arwana Jardini dari irian papua

Ikan asli Papua ini mempunyai nama latin Scleropages jardini. Arwana jardini tersebar di wilayah perairan Papua, Papua Nugini dan Australia. Ikan arwana jenis ini sangat menarik untuk kita bahas. Oleh karena itu simak beberapa seluk-beluk dari ikan Arwana jardini berikut ini:

Ciri-ciri fisik


Arwana jardini memiliki warna dasar sisik coklat keemasan. Jika dilihat secara detail, arwana jardini memiliki jumlah baris sisik tujuh sampai delapan baris dan mempunyai sisik-sisik yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis arwana lainnya.

Dibagian ekor terdapat corak bintik-bintik yang unik. Bila tubuh arwana tersorot lampu akan terlihat berkilau seperti mutiara. Maka dari itu ikan arwana jardini sering disebut dengan arwana mutiara dari papua.  Karena corak mutiara dari Arwana jardini sangat unik, sehingga sangat memikat para kolektor ikan.

Ukuran tubuh arwana jardini lebih panjang dan memilik warna yang sedikit gelap dibandingkan dengan jenis arwana lainnya. Arwana jardini mampu tumbuh dengan panjang 90 cm dan berat hingga 17 kg. Wow, cukup besar juga kan sob? 


Makanan


Arwana jardini adalah salah satu jenis ikan predator. Jadi bicara soal makanan sama seperti ikan predator jenis lainnya, yakni memakan pakan hidup seperti, ikan-ikan kecil, jangkrik, ulat, cacing, dan kodok.

Tapi biasanya para penghobi memberi variasi pakan seperti, kelabang dan udang. Hal tersebut bertujuan untuk mencerahkan warna tubuh arwana jardini.

Baca Juga : 9 Jenis Ikan Arwana yang Terkenal dengan Harganya yang Sangat Mahal

Habitat


Ikan satu ini menyukai daerah yang perairannya berarus lambat dan sering kali di temukan di daerah rawa-rawa yang sedikit gelap. Mereka lebih suka dengan area perairan yang jernih, dimana tempat tersebut terdapat banyak vegetasi di area sekitarnya. 


Harga Arwana Jardini


harga arwana jardini irian papua

Ikan Arwana sudah banyak yang diperjual belikan dikalangan pecinta ikan, namun ada beberapa jenis Arwana yang sudah langka sehingga dilindungi oleh Pemerintah. 

Ikan arwana jardini merupakan salah satu jenis ikan yang bernilai ekonimi tinggi. Untuk harga arwana yang masih anakan yakni ukuran 10 - 20 cm, di banderol 150 sampai 300 ribu rupiah.

Sedangkan untuk arwana jardini dewasa dibandrol 700 sampai 1,5 juta rupiah. Nah untuk arwana yang mempunyai warna mencolok bisa  mencapai harga 4 jutaan sob. Wow, cukup merogok dompet ya sob hehehe.

Cara Perawatan Arwana Jardini


Jika kalian tertarik untuk merawat ikan arwana jardini mutiara dari papua ini, pastikan sobat memiliki akuarium yang cukup luas. Selain mampu tumbuh panjang, arwana jardini juga sangat aktif berenang di area atas permukaan air.

Dan ingat! tidak perlu menambahkan ornament yang berlebihan, karena jika terlalu banyak ornament akan mengganggu ikan berenang bebas. Sama seperti ikan arwana lainnya, arwana jardini memilik sifat yang agresif. Untuk itu pilihan teman ikan ikan yang cocok agar tidak jadi santapan segar.

Pastikan sobat memiliki sistem filtrasi yang baik agar ikan arwana nyaman tinggal di akuarium kalian. Jangan lupa berilah tutup akuarium kalian agar ikan tidak lompat dan mati sia-sia.

Baca Juga : Ikan Genghis Khan, Makanan dan Cara Perawatannya

Bagaimana sob, tertarik untuk memelihara ikan Arwana Jardini?

0 Response to "Mengenal Ikan Arwana Jardini Dari Papua "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel