5 Tips Perawatan Channa Maruliodes untuk Pemula

Perawatan Channa Maruliodes  –  Ikan channa maruliodes merupakan salah satu ikan dari sekian banyak jenis channa yang mengagumkan. Ikan yang masih satu keluarga dengan ikan gabus ini memiliki ciri khas yang unik dan menarik, sehingga membuat harga ikan ini melonjak.

Channa maru adalah salah satu ikan yang populer khususnya di Indonesia serta banyak tersebar di perairan Kalimantan dan Sumatera. Ikan ini masih termasuk ke dalam golongan ikan predator ini dan lebih di kenal dengan sebutan Emperor Snakehead.

Memlihara ikan channa bisa di bilang gampang-gampang susah, semua itu tergantung ketelatenan kita dalam merawatnya. Namun, banyak yang bilang ikan channa maruliodes itu susah dipelihara karena tidak mudah berkembang biak dan gampang mati.

Padahal sebenarnya ikan channa adalah salah satu ikan yang mudah dipelihara asalkan kalian paham bagaimana cara merawatnya. 

Lalu bagaimana sih cara merawat ikan channa maruliodes yang benar ? Nah, kali ini iwakgalak.com akan memberikan tips perawatan ikan channa maruliodes untuk pemula. Simak ulasan berikut: 

Tips Perawatan Channa Maruliodes 


1. Pakan hidup


pakan Channa Maru

Tips yang pertama adalah memberi pakan hidup seperti ikan kecil-kecil, jangkrik, udang, ulat hongkong, cere dan cacing. Hal tersebut bertujuan agar tidak menghilangkan insting predator channa maru. Soal makanan, ikan maru merupakan karnivora dan memakan apa aja yang sekiranya muat dimulutnya.


Namun tidak semua jenis daging dapat dimakan ikan ini, jangan memberi pakan seperti, potongan daging ayam atau sapi, karena tekstur dagingnya berbedaa dengan ikan kecil dan perut channa maru tidak akan bisa mencerna dengan sempurna makanan tersebut.

2. Setting tank atau akuarium 


perawatan ikan channa maruliodes


Ikan maru bisa tumbuh sampai 65 cm, oleh karena itu siapkan akuarium yang besar minimal sepanjang 2 cm agar dapat menampung ikan ini. Seperti yang kalian ketahui bahwa channa maru lebih suka hidup di arus yang lambat dan tanaman air yang melimpah.

Untuk itu buatlah settingan yang mirip dengan habibat aslinya. Hal tersebut sangat penting karena membuat ikan channa maru nyaman tinggal di tank kalian. Ada banyak tanaman air yang bisa kalian pilih untuk setting tank.

Selain tanaman air, kalian juga dapat menambahkan ornament seperti kayu dan batu-batuan agar channa lebih nyaman dan tentunya untuk mempercantik tampilan tank kalian sob

3. Single tank 

harga maru

Buat kalian yang masih asing dengan single tank, yang dimakud single tank adalah memelihara satu ikan di dalam satu akuarium. Kenapa harus di single tank? Karena channa maru memiliki sifat yang sangat agresif pada saat usianya mulai dewasa.


Seiring bertambah umur dan ukuran channa maru semakin memperlihatkan sifat aslinya sob.
Jadi saran saya, jangan digabungkan dengan ikan lainnya agar ikan tersebut tidak menjadi santapan oleh channa maru.

4. Background gelap 


Backgroud gelap bertujuan untuk mempercantik tampilan agar lebih enak dilihat. Untuk background tank, kalian bisa menggunakan warna yang gelap. Warna backgroud yang gelap membuat ikan channa lebih lebih terlihat garang dan eksotis sob. 

5. Lampu


Tips ini menyambungkan tips diatas yaitu bicara soal tampilan agar lebih menarik untuk dilihat. Selain untuk mempercantik tampilan, pemakain lampu sangat penting untuk ikan channa dan untuk tanaman kalian sob.

Kalian dapat memilih warna lampu putih. Kenapa warna putih? Karena warna putih lebih terang dan sangat cocok untuk backgroud yang gelap.


Jadi gimana sob, tertarik untuk memelihara channa maru. Untuk memelihara ikan ini pastikan dana yang lumayan ya sob. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel