6 Tips Memelihara Ikan Koi Untuk Pemula Agar Tidak Gampang Mati


Tips Memelihara Ikan Koi - Ikan koi merupakan salah satu ikan yang banyak diminati masyarakat, warnanya yang khas dan harga jual yang tinggi menjadi daya tarik tersendiri untuk ikan ini. 

Kali ini iwakgalak.com akan memberikan tips pemeliharaan ikan yang masih satu keluaga dengan ikan mas, yaitu ikan koi. Ikan koi menjadi salah satu ikan hias yang sangat di minati oleh masyarakat.

Memelihara ikan koi memang sangat menyenangkan, akan tetapi anda harus mengerti terlebih dahulu cara perawatannya. Buat anda yang ingin memelihara ikan koi, pastikan perhatikan tips perawatan memelihara ikan koi untuk pemula sebagai berikut:

Tips Memelihara Ikan Koi untuk Pemula


1. Mempersiapkan kolam dan air 


tips perawatan ikan koi

Langkah pertama adalah menyiapkan kolam terlebih dahalu. Dalam hal mempersiapkan kolam ini kurang lebih sama seperti memelihara ikan hias lainnya yakni, membutuhkan kualitas air yang cukup baik. Faktor inilah yang menjadi penentu keberhasilan memelihara ikan koi.

Banyak orang mengatakan bahwa merawat ikan koi sama saja dengan menjaga kualitas air. 

Yang dimaksud dengan kualitas air yang baik ialah yang terbebas dari zat-zat kimia. Biasanya, kolam ikan koi baru terbuat dari semen yang masih menyisakan bau yang sangat bebahaya untuk ikan koi. Untuk itu jangan terburu buru memasukan ikan kedalam kolam yang baru dibuat.


Tapi tenang sob, banyak cara untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya kalian bisa menggunakan kondisioner air komersial. Hal ini sangat bermanfaat untuk menetralisir zat senyawa beracun agar ikan koi tidak mati massal sob.

2. Memiliki sistem filterasi yang baik


Filter kolam koi yang baik adalah yang terbagi dalam 3 bagian, yaitu filtrasi yang bersifat biologis yang berfungsi untuk menguraikan nitrit menjadi nitrat. Fitler biologis biasanya memiliki pori-pori seperti bioball, bioring, batu lava rock, kaldness media k1 dan cristal bio.

Yang kedua adalah sistem filtrasi Mekanis, tentu saja sistem ini berguna untuk menyaring kotoran ikan dari yang berukuran besar dan kecil. Ada banyak sistem filter mekanis saat ini seperti media, brush, japmat dan masih banyak lagi.

Yang terakhir adalah filtrasi kimia, yang berguna menyaring media yang tidak bisa tersaring secara maksimal. Media tersebut seperti, batu zeolith, carbon aktif dan karang sebagai PH buffer.

3. Memilih ikan koi yang berkualitas


tips pemeliharaan ikan koi


Pilih ikan koi yang sesuai dengan isi dompet dan selera kalian sob, yang terpenting ialah ikan koi yang dalam kondisi sehat. Prinsip nya adalah lebih baik memelihara 3 koi yang berkualitas dari pada memelihara 100 koi dengan kualitas buruk.

Ikan koi dengan kualitas baik akan memiliki postur tubuh yang simetris dengan bentuk punggung lurus saat tidak bergerak dan memiliki warna yang pekat.

4. Batasi jumlah ikan di dalam kolam


Menyesusaikan ukuran kolam dengan jumlah ikan sangatlah penting. Karena, jika kolam terlalu padat dapat membuat ikan tidak dapat tumbuh maksimal dan lebih mudah terserang penyakit.

Sebenarnya sah-sah saja memelihara ikan koi dengan jumlah yang banyak. Tapi dengan catatan memiliki segala perlengkapan yang berkualitas dan rutin memperhatikan perkembang ikan koi kalian.

5. Rutin tambah dan ganti air


Bagaimanapun kalian sudah memiliki filter yang berkualitas disarankan tetap melakukan penambahan air dan penggantian air dilakukan 10 - 30% . Hal ini berrtujuan untuk meningkatkan kualitas air kolam serta mengurangi anomia di kolam. Tapi, jika kolam koi kalian terbuka dan dapat di masuki air hujan, maka penambahan air bisa dikurangi.

6. Cuci media filter


Lakukan pencucian media filter rutin paling tidak sebulan sekali, terutama media filter mekanis. Kalian juga dapat mempuasakan ikan 1-2 hari lakukan 2 minggu atau sebulan sekali. hal ini akan mengurangi tingkat anomia di kolam, sehingga ikan koi bisa merasa lebih nyaman tinggal di kolam yang kalian buat.

Catatan tambahan
 

Ikan koi adalah salah satu ikan yang sangat rakus. Oleh karena itu batasi pemberian pakan karena pemberian pakan yang berlebihan justru membuat kolam terlihat kotor dan tentunya kurang baik untuk pertumbuhan ikan koi.


Kalian juga bisa memberi pakan yang berkualitas seperti pakan pelet khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi dan pastinya untuk menambah cantik warna ikan koi.

Suhu air juga sangat penting untuk ikan koi. Suhu air ikan koi idealnya kisaran 24 sampai 26 derajat celcius. Untuk saya sarankan selalu memperhatikan kondisi kolam kalian sob.

Itulah tips persiapan memelihara ikan koi untuk pemula sob. Bagimana? Cukup mudah kan? 

0 Response to "6 Tips Memelihara Ikan Koi Untuk Pemula Agar Tidak Gampang Mati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel