4 Ikan Predator Air Tawar Tipe atas Paling Populer

Ikan Predator Tipe Atas


iwakgalak.com – Memelihara ikan merupakan sesuatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Banyak orang yang menyukai ikan predator sebagai hewan peliharaan, baik hanya sekedar hobi atau bahkan untuk bisnis.

Ikan predator dipilih karena memiliki warna serta corak yang indah dan wajah yang sangar memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.
Namun banyak juga yang memilih ikan predator karena memiliki sensasi tersendiri pada saat memberikan pakan. 

Buat anda yang tertarik ingin memelihara ikan predator, pastikan kenali dulu jenis ikan yang akan dipilih agar kita tahu bagaimana cara merawat ikan kesayangan kita. Memelihara ikan predator bisa dibilang gampang-gampang susah.

Seperta pada artikel sebelumnya bahwa ikan predator memiliki tipe kehidupan, ada yang hidup di dasar air, tengah dan atas. 


Kali ini iwakgalak.com akan membahas mengenai ikan predator air tawar tipe atas. Lalu apa saja sih ikan predator air tawar yang masuk kedalam kategori tipe atas? Simak ulasan berikut ini: 

1. Arwana


Ikan Predator Arwana mahal

Ikan arwana adalah salah satu ikan air tawar yang sangat diminati. Ikan dari keluarga Osteoglossidae ini sudah ada sejak zaman Kapur dan tentunya tergolong ikan purba. Jadi tak heran jika harga ikan ini cukup mahal.


Kebanyakan para penghobi menjadikan ikan arwana sebagai ikan tipe atas, yang bertujuan untuk menambah ramai akuarium. Selain aktif berenang di area atas, ikan arwana juga berfungsi untuk membantu menghabiskan makan yang berada dipermukaan air. 

Ada banyak jenis ikan arwana yang di perjual dibelikan di indonesia seperti, silver, jardini,silver albino, pino, red tail golden, red banjar hingga yang mahal super red.

2. Arapaima


                                     Ikan Predator Arapaima buas

Jika kalian ingin memelihara ikan yang aktif berenang diatas? Mungkin arapaima bisa jadi pilihan yang cocok buat kalian sob. Arapaima merupakan ikan purba dari amazon yang dianggap sebagai fosil hidup karena karakter morfologis serta anatominya yang mirip dengan binatang kuno.

Namun saat ini ikan Arapaima termasuk hewan yang langka dan dilindungi di habitat aslinya yaitu perairan Amazon Amerika Selatan. Selain itu, ikan ini juga dilarang untuk hidup bebas diperairan Indonesia karena dapat merusak keseimbangan ekosistem.

Ikan yang terkenal karena ukurannya yang super jumbo ini sering terlihat dipermukaan air untuk mengambil udara langsung. Ikan arapaima disebut sebagai monster predator air tawar  yang rakus memangsa ikan lain, tentunya membuat ikan arapaima cepat tumbuh besar.

3. Aligator fish


Ikan Predator Aligator

Ikan aligator cukup umum dipelihara oleh para penghobi karena memilik harga jual yang terjangkau dan perawatannya pun cukup mudah.

Ikan aligator memiliki bentuk kepala dan mulut seperti buaya membuatnya terlihat garang di area atas. Meskipun mirip seperti buaya, tapi ikan aligator memiliki perilaku yang tenang.

Ada banyak jenis Alligator yang bisa anda pilih untuk dipelihara seperti Spatula Gar, Florida Gar, Longnose Gar, Shortnose Gar, dan masih banyak lagi. 

4. Paddle fish


Ikan Porydon spatula
Sumber : Instagram/zoologylifenewsletter

Ikan paddlesfish biasa disebut dengan nama polydon spatula. Ikan ini terkenal karena memiliki hidung yang panjang seperti dayung.

Polydon spatula tergolong ikan yang aktif berenang mengelilingi area atas tank. Oleh karena itu ikan ini cocok untuk membantu membersihkan sisa makanan yang berada di permukaan air.

Tapi perlu di ingat, jika kalian memelihara ikan ini pastikan kalian mempunyai akuarium yang besar. Karena ikan polydon spatula mampu tumbuh besar sekitar 2 meter sampai 3 meter sob. 

Itulah tadi 4 jenis ikan predator air tawar yang masuk kedalam kategori tipe atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kalian ya sob! Baca juga artikel kami mengenai 5 Jenis Ikan Predator Air Tawar Tipe Bawah.

0 Response to "4 Ikan Predator Air Tawar Tipe atas Paling Populer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel