5 Jenis Ikan Predator Air Tawar Tipe Tengah Paling Favorit

Ikan Predator Air Tawar Tipe Tengah


Berbicara mengenai ikan predator pastinya anda akan terbayang dengan ikan yang ganas dan menyeramkan. Namun saat ini telah banyak yang memilih ikan predator sebagai hewan peliharaan di akurium.

Banyak jenis ikan predator yang bisa anda pelihara di akurium rumah seperti ikan palmas, channa maru, oscar dan lain-lain. Akan tetapi dalam memilih ikan predator anda harus selektif, karena tidak semua ikan dapat digabung di satu akuarium.

Jika ingin memilih, pahami dulu jenis ikan dan cara perawatannya. Selain itu tipe letak kehidupan ikan juga harus diperhatikan, ada yg hidup didasar, tengah dan atas akuairum.

Sebelumnya iwakgalak.com telah membahas mengenai jenis ikan predator air tawar tipe bawah atau yang biasa hidup didasar akuairum. Nah pembahasan kali ini yaitu mengenai ikan predator air tawar tipe tengah. Penasaran apa saja ikan yang biasa hidup ditengah-tengah akuarium? coba simak artikel berikut:

1. Oscar


ikan predator oscar

Ikan predator air tawar tipe tengah yang pertama yaitu oscar. Ikan oscar adalah salah satu keluarga dari cichlid yang sangat populer di Indonesia. 

Ikan yang senang berenang di area tengah tank ini bisa dibilang ikan yang aktif dan usil. Walaupun begitu, ikan oscar tidak akan melukai atau membuat ikan lainnya mati. Tapi perlu digaris bawahi ukuran ikan yang lain juga  harus seimbang atau tidak terlalu kecil. Karena jika ukurannya tidak seimbang bisa di bully bahkan bisa jadi sarapan empuk si oscar.

Ikan oscar tergolong ikan yang sangat rakus, melahap makanan apa saja yang ada didekatnya. Terkadang si oscar siap menunggu di permukaan air, di posisi dimana kita biasanya memberi makanan. Nah, untuk itu perhatikan ikan di area atas jangan sampai tersangi dengan si oscar usil ini.

Ikan ini cocok bagi kalian para pemula yang ingin memiliki ikan predator yang cantik. Karena perawatan ikan oscar cukup mudah, pastinya tidak membuat kalian kerepotan memeliharanya. 

Ada banyak jenis ikan oscar yang bisa kalian pelihara dirumah, kami telah membahasnya dalam 7 Jenis Ikan Oscar Terpopuler di Indonesia.

2. Peacock bass


ikan peacock bass

Ikan kedua yang masuk kedalam tipe tengah yaitu Peacock bass. Ikan ini sangat cocok untuk kalian yang suka dengan ikan bertampang sangar dan ganas. Ikan dari keluarga cichla ini tergolong ikan yang agresif saat memburu mangsanya.

Di balik tampang sangarnya, ikan peacock bass juga memiliki corak yang menarik untuk di lihat. Ada banyak jenis peacock bass dan setiap jenis memiliki warna serta yang berbeda – beda. Kami telah membahasnya dalam 5 Jenis Peacock bass dan karakteristiknya.

Ikan ini senang menyambar makanya yang berada di tengah akuairum, Tapi ingat sob, hindari pemeliharaan ikan peacock bass  yang berbeda ukuran sangat jauh. Ikan ini akan memangsa ikan apapun yang sekiranya muat di mulutnya.

3. Datnoid


Ikan predator Datnoid
Sumber : Instagram at Dianarowana

Untuk Ikan yang ketiga yaitu datnoid atau biasa disebut datz. Ciri khas ikan ini adalah memiliki warna keemasan serta ditambahi loreng-loreng hitam pekat yang indah.

Ikan yang sering terlihat di area tengah ini biasa memakan cacing beku, udang dan ikan kecil. Jadi bicara soal makanan, ikan datz bisa dibilang cukup fleksibel.


Dan yang perlu kalian tahu, datz ini memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat. Artinya bahwa ikan perlu waktu yang cukup lama untuk berukuran besar. Selain itu tipe ikan datz ini agak pemalu dan kurang suka tempat yang terlalu banyak cahaya. Ikan datz juga bisa dibilang cukup rewel jika di pelihara, jadi anda perlu memahami dulu karakter ikan ini.

4. Payara 


ikan predator payara

Ikan payara adalah salah satu ikan yang banyak diminati oleh penghobii ikan predator. Karena ikan payara memiliki keunikan di giginya yang mirip dengan vampire.

Ikan payara sering kita dilihat berenang di area tengah tank untuk mencari makanan yang bisa disambarnya. Dia menggunakan gigi taring tajamnya untuk menyerang buruannya.

ikan payara juga bergam jenisnya loh sob ada  Armatus, Vulpinus, Tatauaia, Scomberoides, Wallacei dan lain-lain. Jika kalian tertarik memeliharanya, pastikan kalian memiliki akuarium yang cukup besar karena ikan jenis payara memiliki nafsu makan yang tinggi dan tentunnya mampu tumbuh besar.

5. Golden dorado


Ikan predator golden dorado
Sumber : Instagram at animaljaya

Ikan tipe tengah yang terakhir adalah golden dorado. Golden dorado merupakan salah satu ikan air tawar yang paling dicari oleh penghobi ikan predator. Ikan ini memiliki bentuk seperti ikan salmon, karena hal itulah ikan Golden Dorado sering sekali disebut sebagai Salmon air tawar.

Karakteristiknya yaitu warna tubuh merah, hitam serta kekuning-kuningan. Jadi untuk kalian yang ingin memelihara ikan salmon, ikan golden dorado bisa jadi opsinya hehe.


Golden dorado sangat aktif berenang mengelilingi tank dan tentunya sangat efektif membantu membersihkan makanan yang berada di area tengah tank.

Jenis Dorado merupakan salah satu ikan yang tergolong dalam kelas menengah ketas atau mahal, mahal karena ikan jenis golden dorado terbilang langka.

Itu tadi 5 jenis ikan predator air tawar tipe tengah yang bisa menjadi pilihan anda dalam menentukan jenis ikan untuk akuarium dirumah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda ya sob!

0 Response to "5 Jenis Ikan Predator Air Tawar Tipe Tengah Paling Favorit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel