Mengenal Ikan Channa Pulchra Si Gabus Kecil yang Menawan

Channa Pulchra


Hallo sob, buat anda pecinta ikan predator pastinya sudah tidak asing lagi dengan ikan gabus atau snakehead. Ada banyak jenis ikan gabus, seperti channa maruliodes, channa andrao, channa auranti, channa pulchra dan masih banyak lagi. 

Nah kali ini iwakgalak.com akan sedikit mengulas mengenai ikan channa pulchra.

  ikan gabus Channa Pulchra harganya

Channa Pulchra merupakan salah satu ikan gabus yang kecil namun eksotis dan banyak di gemari oleh para penghobi ikan khususnya ikan predator. Ikan ini cukup unik dan memiliki corak warna yang menarik.

Di indonesia, ikan channa pulchra sering disebut dengan snakehead kerdil. Kenapa bisa disebut begitu? Karena ikan ini hanya mampu tumbuh rata-rata 20 cm saja. Ikan gabus ini cocok buat kalian yang suka dengan ikan predator yang berukuran kecil. Mari kita bahas tuntas ikan channa pulchra agar pengetahuan tentang ikan kita bertambah ya sob!

Negara Asal


Sebelum mengenal lebih jauh, pasti kalian penasaran dari mana asal ikan channa pulchra ini? Seperti ikan gabus yang lainnya ikan ini masih berasal dari kawasan Asia Tenggara, tepatnnya di Myanmar. Myanmar sendiri merupakan negara subtropis yang memiliki suhu sangat dingin.

Karakteristik


ikan gabus Channa Pulchra keren jantan
Photo by : Instagram/bumiandrao
Bicara soal ciri-ciri fisik mungkin kurang lebih sama dengan jenis channa lainnya. Tapi jika kita bahas dari segi coraknya tentu sangat berbeda.

Ikan channa pulchra memiliki corak yang sangat menarik. Tubuhnya memiliki warna dasar biru keabu-abuan ditambahi bintik-bintik orange.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Pakan Channa Maruliodes Agar Cepat Besar

Tidak hanya itu sob, channa pulchra memiliki sirip bawah berwarna biru pekat dan disertai garis hitam di tepinya. Hal inilah yang membuat channa pulchra menjadi salah satu ikan predator favorit di Indonesia.

Makanan Channa Pulchra


Membahas tentang makanan tentunya tidak jauh beda dengan ikan predator lainnya. Di habitat aslinya ikan channa pulchra memangsa apa saja yang bisa dimakan.

Tapi biasanya para penghobi memberi makanan seperti cacing merah, udang, ulat hongkong dan ikan kecil-kecil lainnya.

Habitat


Habitat di ekosistem alaminya, ikan ini sangat suka menghuni di aliran sungai yang berbatu dan banyak tanaman air di sekitar permukaan sungai. Channa pulchra merupakan ikan yang suka tinggal di aliran sungai yang kencang dan berkadar oksigen tinggi.

Harga Ikan Channa Pulchra

Di pasaran Indonesia, harga channa pulchra cukup bervariasi. Mahal atau tidak tergantung dari ukuran atau kualitas dari ikan channa pulchra itu sendiri. 

Harga channa pulchra ukuran baby dijual dengan harga sekitar Rp.20.000 - Rp.50.000. Nah untuk channa pulchra dewasa di bandrol harga kira-kira Rp.200.000 - Rp.300.000 per ekornya.


Catatan

Buat anda yang ingin memelihara ikan ini, sebaiknya ikan ini ditepatkan di akuarium yang tidak telalu besar dan tidak digabungkan dengan ikan lain. Karena perlu anda ketahui bahwa Ikan channa pulchra memiliki sifat teritorial yang berarti sangat mengusai daerah persembunyiannya.

Jika digabung dengan ikan lain di dalam satu akuarium, pasti akan bertengkar demi menjaga daerah kekuasaanya. Set up akuarium seperti habitat aslinya dengan menambah ornamen seperti kayu atau batu untuk tempat persembunyiannya.

Nah itu tadi sob sekilas mengenai ikan channa pulchra. Salah satu ikan gabus yang bisa menjadi rekomendasi hewan peliharaan anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat sob.

0 Response to "Mengenal Ikan Channa Pulchra Si Gabus Kecil yang Menawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel