Cara Menjaga Kebersihan Air Akuarium Agar Tetap Jernih


Cara Menjaga Kebersihan Air Akuarium Agar Tetap Jernih - hias sangat membutuhkan kualitas air yang baik dan sehat untuk dapat bertahan hidup di akuarium. Untuk itu kita perlu menjaga air akuarium agar tetap jernih.

Ikan hias memang sengaja dipelihara untuk tujuan memperindah ruangan. Akan tetapi ketika air akuarium berubah menjadi keruh tentunya membuat keindahannya akan hilang dan terlihat jorok.

Merawat ikan memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalau kita mau merawat ikan berarti kita harus siap juga untuk merawat kebersihan airnya. Karena air merupakan sumber kehidupan bagi si ikan.

tips air akuarium tetap jernih dan tidak keruh

Lalu bagaimana sih caranya agar air akuarium kita tetap jernih dan baik untuk kesehatan ikan?

Nah kali ini iwakgalak.com akan memberikan tips agar air akuarium anda tetap jernih dan menjamin kesehatan si ikan. Simak ulasan berikut ini:

Pompa filter Akuarium


Untuk yang pertama adalah kapasitas pompa filter yang sesuai dengan volume air. Hal ini sangat penting karena kapasitas pompa filter yang sesuai dengan volume air mampu menyedot seluruh kotoran yang berada di tank kalian sob. 
 

Nah bagaimana cara menghitung volume air agar kita dapat menentukan kapasitas pompa filter untuk akuarium?

Menghitung Volume air Aquarium

V = ( Length x Width x Water Depth ) / 1000 

V = Volume ( Liter) 
Length = Panjang ( cm) 
Width = Lebar ( cm)
Water Depth = Kedalaman Air ( cm )

Semisal ukuran akuarium kalian berukuran 100 cm x 50 cm x 50 cm.

Volume 
= (100 x 50 x 50 ) / 1000 
= 250 Liter

Kapasitas Pompa Filter 
5 x (Volume air aquarium)
= 5 x 250
= 1250 Liter / Jam

Tapi ingat, semakin banyak penghuni ikan di tank kalian semakin besar pula kapasitas pompa filter. Jadi lebih amannya jumlah volume air di kalikan 2. Semisal volume air kalian 1250 liter × 2 = 2500 . Jadi kapasitas pompa filter yang diperlukan adalah 2500 liter / jam.

Media filter Akuarium


tips air akuarium tetap jernih

Seperti yang kita tahu bahwa fungsi media filter yaitu mengubah kotoran menjadi anomiak, kemudian anomiak diubah menjadi nitrit, setelah itu nitrit menjadi nitrat. Maka dari itu media filter memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kualitas air di dalam tank.

Terus media apa saja yang dibutuhkan? Media filtrasi dibagi menjadi 3 yakni, media mekanik, media kimiawi dan media biologis.


Media mekanik berfungsi untuk menyaring kotoran agar terhindar dari anomiak yang berlebihan. Media kimiawi berfungsi untuk menghilangkan zat kimia atau racun, dan media biologis berguna untuk mengurai bakteri nitrosomonas akan berubah menjadi nitrit, kemudian bakteri nitrobakter menjadi nitrit. 

Wave maker


Wave maker merupakan alat yang mampu membuat gelombang seperti ombak. Tapi alat ini juga bisa di alih fungsikan sebagai alat pendorong kotoran yang tidak terjangkau oleh pompa filter kalian sob.

Alat ini juga sangat mudah dipasang. Kalian hanya perlu menjepitnya di bagian sisi kaca dan mengarahkan kemana saja yang di inginkan.

Lampu uv


cara air akuairum teteap bersih

Untuk hal ini sifatnya optional, tapi wajib digunakan jika akuarium kalian terkena sinar matahari secara langsung. Kenapa? Karena sinar matahari membuat air akuarium menjadi berwarna hijau. 

Selain itu, lampu uv juga bermanfaat untuk mencegah berkembangnnya algae di tank kita sob. Oleh karena itu, gunakanlah lampu uv agar akuarium kalian tetap enak dipandang hehe.

Rajin ganti air


cara agar akuarium bersih

Usahakan ganti air paling tidak seminggu sekali sebanyak 30% dari total volume air di akuarium kalian. Hal ini perlu dilalukan agar tidak terjadi penumpukan anomiak.




Nah itu tadi sob beberapa faktor yang harus diperhatikan agar akuarium anda tetap jernih dan ikan bisa hidup dengan sehat. Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat!!!

0 Response to "Cara Menjaga Kebersihan Air Akuarium Agar Tetap Jernih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel