8 Jenis Ikan Pembersih Kotoran Akuarium yang Paling Ampuh

Jenis Ikan Pembersih Akuarium - Memelihara ikan di akuarium merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Perawatan akuarium harus dilakukan secara rutin agar akuarium tetap bersih dan ikan hidup dengan sehat.

Namun jika kalian mempunyai kesibukan dan jarang membersihkan kotoran di akuarium, jangan khawatir, karena kali ini iwakgalak.com akan merekomendasikan ikan yang dapat membersihkan kaca serta kotoran yang ada di akurium.

Berikut ini adalah 8 jenis ikan pembersih kotoran yang dapat menjadi solusi bagi anda untuk dapat menjaga kejernihan air akuarium kesayangan anda.

Jenis Ikan Pembersih Akuarium 


1. Ikan Brusmouth


ikan pembersih kaca akuarium dan aquascape
Photo by Instagram/tri_manunggal

Ikan yang satu ini masih satu kerabat dengan ikan Pleco atau sapu-sapu dan memiliki nama latin Hypostemus Plecotomus. Brusmouth termasuk ikan yang mudah untuk ditemukan di Indonesia.

Ikan brusmouth memiliki sifat temperamen yang rendah dan sangat efektif untuk membersihkan alga yang ada di akuarium. Ikan ini biasanya menempel di kaca akuarium, tumbuhan dan memakan lumut green spot.

Jadi akuarium akan terjamin kebersihannya dengan ikan brousmouth ini. Harga brousmouth pun terbilang cukup murah yakni 10 ribu untuk per ekornya.

2. Ikan CAE (Chinesse Algae Eater)


ikan pembersih akuarium dan lumut
Photo by Instagram/x.aquaworld_x.petstore

Untuk ikan pembersih akuarium selanjutnya yaitu Chinesse Algae Eater atau biasa disebut Lemon algae eater . Ikan imut berwarna kuning ini biasa memakan tumbuhan seperti lumut dan ganggang.

Selain untuk membersihkan akuarium, ikan ini juga dapat dijadikan ikan hias karena warna dan tubuhnya yang menarik, akan tetapi ikan CAE ini memiliki sifat yang terlalu agresif dan dapat mengganngu ikan kecil lainnya yang ada di akuarium.

Ikan CAE ini mampu tumbuh hingga 25 cm dan di banderol 5-10 ribu saja untuk per ekornya.

3. Ikan Otocinclus


ikan pembersih akuarium
Photo by Instagram/sauri.aquascape

Ikan Otocinclus memiliki nama latin Otocinclus sp dan biasa disebut juga dengan drawf sucker. Habitat asli ikan ini yaitu di perairan sungai yang membentang di Negara Brazil.

Ikan mungil dengan ukuran 5 cm ini biasa memakan ganggang dan sangat efektif untuk membersihkan akuarium.

Walaupun ukuranya terbilang sangat kecil, namun jangan meremehkan ikan ini karena otocinclus dapat memakan ganggang dalam jumlah yang banyak.

Harga ikan Otocinclus berkisar antara 30-40 ribu saja.

4. Ikan SAE (Siamese Algae Eater)


ikan pembersih akuarium
Photo by Instagram/ikasshrimpbali

Ikan Siamas Algae Eater yang memiliki nama latin crossocheilus oblongus merupakan ikan pembersih kotoran akuarium yang cukup populer.

Ikan ini bisa disebut cinta damai karena bisa hidup berdampingan dengan ikan jenis lainnya. Ikan SAE biasa memakan lumut dan cacing pipih yang menggangu kebersihan air dan juga kesehatan si ikan.

Ikan primadona aquascaper ini dibanderol dengan harga 5-10 ribuan saja loh sob.

5. Ikan Bristlenose Plecostomus


ikan pembersih akuarium

Ikan Pleco atau ikan sapu-sapu ini memiliki nama latin ancristus temmincki. Ikan ini juga sangat efektif untuk membersihkan akuarium.

Ikan pleco banyak juga di temui di di Indonesia. Ia biasanya memkan tumbuhan seperti ganggang, alga dan kotoran lain. Sehingga dengan memelihara ikan ini di akuarium kebersihan airnya akan terjamin.

Perlu diingat agar jangan mencampur ikan ini dengan ikan lain yang ukurannya lebih kecil, karena sifat ikan sapu-sapu ini tidak menentu.

Dengan kelebihannya yang dapat membersihkan akuarium, ikan ini dipatok dengan harga 20-30 ribu per-ekornya.

6. Ikan Corydoras


ikan pembersih kaca akuarium


Ikan Corydoras termasuk jenis ikan yang masih satu kerabat ikan lele dengan subfamily Coridae. Habitat asli ikan yaitu di perairan sungai Amerika Selatan.

Buat kalian yang sedang mencari ikan untuk membersihkan kotoran akurium, ikan ini bisa dijadikan alternatif pilihannya. Selain memakan lumut dan alga, ikan corydoras juga biasa melahap sisa makanan dari ikan lain.

Ikan ini memiliki sifat pendiam dan mampu bersahabat dengan ikan lain. Harga ikan unik ini berkisar antara 20-30 ribu per-ekornya.

7. Ikan Molly


ikan pembersih kaca akuarium

Ikan imut yang satu ini memiliki nama latin Poecilia sphenops. Ikan molly juga cukup mudah di temukan di indonesia.

Ikan yang memiliki ukuran kurang lebih 10 cm ini dapat membersihkan akuarium dengan memakan lumut, ganggang, dan getah kayu pada aquascape anda. Selain itu, ikan molly juga dapat dijadikan ikan hias karena motifnya warnanya yang menawan.

Ikan molly pun cukup beragam jenis dan warnanya. Untuk harga ikan molly sangat ramah disaku sob, yaitu 5 ribu per-ekornya.

8. Ikan Platy


ikan pembersih kaca akuarium

Untuk jenis ikan pembersih akuarium yang terakhir yaitu ikan Platy. Ikan imut dengan corak warna yang menarik ini merupakan hewan omnivora.

Seperti halnya molly, ikan platy juga memakan alga, lumut dan getah kayu (tanin) pada aquascape anda. Ikan platy juga menjadi primadona dan banyak dipelihara para aquascaper.

Ikan platy juga cinta damai dan dapat bersahabat dengan ikan lain. Ikan platy sendiri di banderol dengan harga 5-15 ribu saja per-ekornya.

Itulah tadi 8 jenis ikan hias pembersih kotoran dan kaca akuarium maupun aquascape. Semoga dapat anda jadikan referensi dan bermanfaat!

0 Response to "8 Jenis Ikan Pembersih Kotoran Akuarium yang Paling Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel