5 Channa Maruliodes Berdasarkan Daerah Asalnya


Channa Maruliodes merupakan salah satu ikan gabus yang saat ini menjadi salah satu primadona dikalangan penghobi ikan Predator air tawar. Ikan asli dari indonesia ini memiliki karakter yang sangat ganas dan mengagumkan.

Harganya pun cukup bervariatif, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. tergantung ukuran, corak dan jenisnya. Perawatannya pun terbilang cukup mudah tidak seribet ikan hias.

Corak di tubuh ikan channa maruliodes memang sangat menarik untuk dilihat. Lekukan indah serta tampang yang sangar dan agresif menjadi daya tarik dan tentunya membuat kita ingin memeliharanya dirumah.


Sebenarnya channa maru dibedakan tidak dari jenis atau variannya, akan tetapi dapat dibedakan dari mana asal ikan tersebut tinggal. Karena setiap lokality atau daerah asal ikan channa maru memiliki ciri khas corak warna yang berbeda- beda.

Channa Maruliodes Berdasarkan Daerah Asalnya


Hal ini tentu membuat kalian bingung membedakan mana channa maru lokality kalimantan dan sumatera. Jika kalian penasaran bagaimana melihat perbedaan channa maru berdasarkan daerah asalnya, simak ulasan berikut ini:

Channa Yellow Sentarum


channa yellow sentarum harganya
Photo by Instagram/fish.therapy

Yellow sentarum atau biasa disebut maru YS ini berasal dari kalimantan tepatnya di daerah danau sentarum. Ikan ini memiliki warna hitam dan divariasi dengan warna kuning pekat yang sangat cantik. 

Tidak hanya itu sob, ikan ini juga memiliki mata yang berwarna merah, pastinya akan menambah kesan garang.

Channa Maru Sumatera


channa maru sumatera harganya

Maru lokality sumatera ini memiliki warna sirip kebiru-biruan dan warna garis bar tipis atau sedikit pucat. Ekor dari maru sumatera berbentuk seperti batik dan berwarna gelap.

BACA JUGA : Jenis Ikan Channa Asli dari Indonesia

Channa Maru Borneo


harga channa maru borneo perawatanya
Photo by Instagram/iwakgabus.id

Nah, maru lokality borneo ini memiliki warna seperti maru yellow sentarum. Para seller memberi nama tersebut karena ikan maru ini berasal dari kepulauan borneo dan agar masyarakat mudah mengetahui daerah asalnya. Maru borneo memiliki warna hitam yang dipadukan dengan orange kemerah-merahan, dan terlihat lebih cerah ketimbang maru sumatera,

Channa Red Sentarum


channa maru channa yellow sentarum
Photo by Instagram/zie.pang
Ikan ini diberi label red sentarum oleh para seller karena memiliki warna merah ditambahi garis bar seperti anak panah. Ikan ini berasal dari danau sentarum kalimatan.

Channa Red sampit


harga channa red sampit harganya
Photo by Instagram/asandwicahyaa
Channa red sampit memiliki warna merah tegas dan garis bar yang lebih tebal dari pada maru dari lokality lainnya. Ikan ini juga berasal dari perairan yang berada di kalimantan. Habitat ikan channa red sampit biasanya di area sungai yang memiliki arus lambat.

Baca Juga : 5 Tips Perawatan Ikan Channa Maruliodes Agar Cepat Besar 

Itulah tadi jenis channa maru yang di kategorikan bedasarkan dari daerah asalnya. Pastinya setiap jenis ikan memiliki keunikan masing-masing ya sob.

Dan yang perlu kalian tahu, nama sebutan maru yellow sentarum, red sentarum, maru sumatera, maru borneo dan maru red sampit hanyalah nama pemberian dari hobiis bukan nama jenisnya. Jadi jangan salah kaprah hehehe

Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Channa Maruliodes Berdasarkan Daerah Asalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel