5 Tips Perawatan Mempercepat Mutasi Warna Channa Maruliodes


Channa Maruliodes memang sangat familiar dikalangan penghobi ikan predator. Bahkan salah satu ikan predator jenis gabus ini sering ikut dalam kontes ikan hias di mancanergara.

Biasanya di gelaran kontes ada beberapa katagori penilaian seperti tinggkat adaptasi tank, warna, bar dan mental. Oleh karena itu, pastinya bukan ikan channa sembarangan yang bisa ikut kontes tersebut.

Perawatan channa harus diperhatikan secara maksimal mulai dari kualitas air, makanan, suhu di akuarium dan lain-lain. Jika kalian ingin menghidupkan atau mutasi warna pada ikan chaanna maru, iwakgalak.com punya cara nya.

Cara ini berdasarkan pengalaman pribadi selama memelihara ikan channa maruliodes dan bisa kalian terapkan juga dirumah.

Mau tau treatment channa maruliodes apa saja yang bisa dilakukan dalam hal perawatan mempercepat memutasi warna pada ikan channa maruliodes. Simak ulasan berikut ini:

Tips Mempercepat Mutasi Warna Channa Maruliodes


1. Setting tank


ikan channa ys
Photo by Instagram/fish.therapy

Untuk yang pertama adalah setting tank kalian layaknya berada dihabitat aslinya. Kenapa? Karena hal itu dapat membuat channa maru yellow sentarum merasa nyaman dan tidak mudah stres hidup dilingkungan yang baru.

Kalian juga perlu menambahkan substrat berupa pasir malang. Selain untuk menambah nilai estetika, pasir malang berguna untuk mengontrol kualitas air yang lebih baik.

Baca Juga : Perbedaan Channa Maruliodes Borneo dan Sumatra

Tentunya, setting tank yang maksimal dapat membantu mempercepat si channa beradaptasi dilingkungan yang baru.

2. Background


Biasanya para penghobi ikan predator khususnya channa maruliodes menggunakan background warna putih. Alasannya? Karena warna putih terang dapat memancing mutasi warna si channa maru yellow sentarum.

3. Pakan udang


pakan channa maru


Kandungan bergizi pada hewan udang dipercaya mampu membuat warna ikan channa maruliodes menjadi lebih cerah dan menarik. Maka dari itu memberi makanan channa maruliodes berupa udang adalah pilihan terbaik untuk mempercepat proses mutasi warna agar menjadi berwarna kuning dan full bunga ditubuhnya.


4. Daun ketapang kering


channa maruliodes


Selain berguna untuk menurunkan pH air, daun ketapang kering juga berguna untuk meningkatkan warna ikan channa maruliodes. Selain itu, daun ketapang juga dapat dimanfaatkan untuk memancing tumbuhnya corak seperti bunga ditubuh channa maru yellow sentarum maupun channa lokality lainnya.

5. Interaksi


Usahakan selalu berinteraksi agar channa tidak malas bergerak serta sekaligus melatih mental si channa maruliodes.

Sering melalukan interaksi pada ikan peliharaan kita tentunya membuat si ikan kita tidak akan takut dengan kita apalagi sampai bersembunyi.

Baca Juga : 5 Tips Perawatan Ikan Channa Maruliodes Agar Cepat Besar Untuk Pemula 

Nah itu tadi sedikit sharing pengalaman tentang perawatan mempercepat mutasi warna ikan channa maruliodes. Mungkin dari kalian punya cara tersendiri dalam memutasi warna ikan channa maru , bisa sharing di kolom komentar.

Sekian dan semoga bermanfaat!!!

0 Response to "5 Tips Perawatan Mempercepat Mutasi Warna Channa Maruliodes "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel