Inilah 11 Jenis Ikan Cupang Hias dan Gambarnya


Jenis Ikan cupang merupakan salah satu ikan kecil yang cantik dan telah lama menjadi primadona di masyarakat. Walaupun kecil, ikan ini juga bersifat agresif dan menyerang, sehingga ada beberapa jenis ikan cupang yang dijadikan ajang aduan.

Secara umum, jenis ikan cupang ada tiga macam yaitu, cupang hias,cupang aduan dan cupang liar. Setiap jenis ikan cupang memiliki ciri khas masing-masing mulai dari warna, sirip, ekor dan lain-lain.

Harga ikan cupang pun cukup beragam mulai dari ribuan hingga jutaan Rupiah per ekornya. Setiap jenis ikan cupang memiliki ciri khasnya masing-masing.

Mau tau lebih lanjut mengenai jenis ikan cupangn hias dan aduan? Simak ulasan berikut!!

Jenis Ikan Cupang Hias 


Bagi Anda yang ingin mencari hewan peliharaan, mungkin ikan cupang bisa menjadi pilihan yang tepat. Ikan kecil satu ini sangat mudah dipelihara. Selain dapat dijadikan hobi yang menyenangkan, memelihara ikan hias juga dapat membantu Anda menghilangkan stress. 

Nah, jika kalian tertarik untuk membeli ikan cupang, pastikan kenali terlebih dahulu sebelum memeliharanya. Yuk simak dulu artikel berikut ini agar kalian tahu beberapa jenis ikan cupang hias dan aduan yang bisa Anda pelihara di akuarium.

1. Ikan Cupang Halfmoon

jenis ikan cupang

 

Untuk ikan cupang yang pertama adalah ikan cupang halfmoon. Ikan cupang ini merupakan ikan cupang hias yang memiliki ciri-ciri sirip dan ekor yang lebar dan menyatu membentuk setengah lingkaran seperti bulan sabit.

Ikan ini banyak dipelihara para pecinta ikan hias karena kecantikannya dan mudah ditemui di toko ikan. Varian warnanya pun cukup beragam mulai dari merah, kuning dan biru pekat.

Ikan cupang halfmoon termasuk jenis ikan cupang yang mahal, di marketplace Indonesia harganya bisa mencapai Rp. 3 Juta.

2. Ikan Cupang Fancy

Jenis ikan cupang

Ikan cupang hias jenis fancy ini memiliki corak warna sisik yang menarik dan cantik. Ikan ini terkenal karena kombinasi warna gradasi yang begitu menawan dan terlihat seperti lukisan hidup di dalam akuairum.

Jenis ikan cupang yang mahal karena harga anakan ikan cupang fancy bisa sampai Rp. 100 Ribu per ekornya. Dan jika ikan cupang fancy juara harganya bisa mencapai Rp. 2 Juta .

3. Cupang Double Tail

jenis ikan cupang

Jenis ikan cupang hias double tail ini banyak diminati oleh para penghobi ikan karena unik dan menarik. Seperti namanya, ikan cupang ini memiliki bentuk ekor yang terbelah dua seperti bercabang.

Ikan ini terbilang cukup langka di pasaran karena sulit untuk di kembangkan. Oleh karena itu ikan cupang double tail harganya terbilang cukup mahal, bisa sampai Rp. 2 Juta .

 

4. Ikan Cupang Plakat

jenis ikan cupang

Ikan cupang plakat merupakan jenis ikan cupang aduan yang memiliki warna cantik. Berbeda dengan tubuh ikan cupang hias, cupang plakat ini memiliki tubuh yang lebih kekar dan bentuk sirip yang lebih kecil.

Baca JugaCiri-ciri Ikan Cupang Aduan Terganas

Gerakannya pun terlihat lebih agresif dan terkesan sangar, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai ikan cupang aduan. Harga ikan cupang plakat berksar antara Rp. 50 Ribu sampai Rp. 2 Juta per ekornya.

5. Ikan Cupang HMPK

jenis ikan cupang

Ikan cupang jenis ini merupakan hasil kawin silang dari cupang halfmoon dan cupang plakat, dan  disingkat menjadi HMPK.

Ikan cupang yang satu ini termasuk sebagai ikan hias daan aduan. Meskipun sisiknya terlihat pucat atau tidak cerah, namun terlihat sinkron dengan badannya.

6. Ikan Cupang Crown Tail atau Serit

jenis ikan cupang

Untuk ikan cupang yang satu ini mungkin sangat spesial karna hasil para breeder di Jakarta. Ikan ini menjadi primadona karena keindahan dan keunikannya.  

Baca Juga : Jenis Ikan Cupang dan Harganya

Ekornya berbentuk seperti terbelah-belah dan jika dibalik akan terlihat seperti mahkota, makanya ikan ini disebut dengan crown tail. Warnanya yang mencolok dan terbilang langka di pasaran membuat harga ikan ini cukup mahal.

7. Ikan Cupang Surga

jenis ikan cupang

Jenis Cupang Surga merupakan ikan cupang yang menjadi kembaran cupang paradise, namun warnanya lebih pucat ketimbang cupang paradise.

Ikan cupang surga banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggar terutama Indonesia seperti daerah Sumatra, Jawa, dan Bali. Harga ikan ini cukup mahal karena sulit ditemukan di alam liarnya.


8. Ikan Cupang Slayer

jenis ikan cupang

Seperti halnya ikan cupang HMPK, ikan cupang ini juga hasil persilangan dari Halfmoon dan serit. Cupang slayer memiliki warna yang mencolok mulai dari merah, hijau kuning dan lain-lain.


9. Ikan Cupang Giant

jenis ikan cupang
 

Seperti namanya, ikan cupang giant ini memang memiliki tubuh yang lebih besar dibanding ikan cupang jenis lain, ukuran terbesarnya bisa hingga 12 cm. 

Sifatnya juga lebih agresif sehingga sering dijadikan sebagai jenis ikan cupang aduan. Ikan ini banyak ditemukan di wilayai perairan danau Thailand.

Harga ikan cupang giant dibandrol Rp. 400 Ribu per ekornya.

10. Ikan Cupang Sawah 

jenis ikan cupang

Ikan cupang sawah ini merupakan jenis cupang liar yang biasa di pelihara di rumah. Ikan ini jauh dari jangkauan manusia loh sob, dan jika badannya semakin besar maka harganya akan semakin mahal.

11. Ikan Cupang Paradise

jenis ikan cupang

Ikan cupang ini memiliki nama latin Marcopodus opercularis. Ikan ini memiliki ciri khas berupa ekor yang bercabang dan garis vertikel berwarna hijau muda ditubuhnya.

Daerah habitat aslinya dapat ditemukan di perairan Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Itulah tadi 11 jenis ikan cupang dan gambarnya yang bisa anda pilih untuk menjadi hewan peliharaan di rumah, cukup cantik dan mengagumkan bukan?. Sebenarnya masih banyak lagi jenis ikan cupang sob, mungkin di artikel berikutnya akan kami bahas jenis ikan cupang yang lainnya.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini agar orang lain tau juga.

0 Response to "Inilah 11 Jenis Ikan Cupang Hias dan Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel