9 Makanan Ikan Cupang Bernutrisi Tinggi Agar cepat Besar dan Berwarna Indah

Ikan Cupang

Memelihara ikan cupang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dalam proses pemeliharaanya, kita harus memilih makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Tujuannya agar ikan cupang cepat besar dan warnanya lebih cerah dan indah.

Biasanya pakan ikan sudah banyak dijual di toko ikan hias, akan tetapi anda bisa memvariasikan dengan bahan makanan yang alami untuk memperkaya gizi dan nutrisi.

Berikut iwakgalak.com akan merekomendasikan makanan ikan cupang yang sehat, cocok untuk ikan cupang yang masih anakan hingga dewasa. Yuk simak ulasan berikut ini: 

Makanan Ikan Cupang Terbaik


1. Jentik nyamuk

makanan ikan cupang yang anakan agar cepat besar

Makanan untuk ikan cupang yang paling sering diberikan yaitu jentik nyamuk. Jentik nyamuk mengandung protein tinggi yang cocok untuk pertumbuhan ikan cupang remaja. Selain itu, jentik nyamuk juga mudah ditemukan genangan air seperti bak, ember, ataupun drum.

Baca Juga : Inilah 11 Jenis Ikan Cupang, Mulai dari Cupang Hias, Aduan, sampai Liar Terpopuler 

Jika anda ingin mendapatkannya dengan jumlah banyak, cukup lakukan dengan menyiapkan wadah yang sudah di isi air bekas cucian beras, lalu tempatkan di ruangan yang gelap dan terbuka dan tunggu beberapa hari sampai mucul jentik nyamuknya.


2. Cacing darah


makanan ikan cupang yang anakan agar cepat besar
Sumber : gerava.com

Cacing darah atau Bloodworm merupakan cacing yang mempunyai warna merah menyala dan bisa dijadikan sebagai pilihan untuk makanan ikan cupang. 

Cacing ini mengandung gizi dan protein meskipun tidak terlalu tinggi, lebih baik cacing darah ini dijadikan sebagai pakan alternatif saja. Pakan jenis ini dipercaya baik untuk mendapatkan hasil warna yang cantik pada ikan cupang hias.


3. Artemia

makanan ikan cupang yang anakan agar cepat besar
Sumber : bulelengkab.go.id

Artemia merupakan sejenis udang kecil berukuran sekitar 0,4 mm yang berasal dari laut dan dikenal juga dengan nama brine shrimp. Ukurannya yang sangat kecil dan mengandung nutrisi tinggi sangat cocok untuk dikonsmusi ikan cupang. 

Namun sebelum sobat beri kepada ikan cupang, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu untuk menurunkan kadar garamnya.


4. Cacing sutra


makanan ikan cupang yang anakan agar cepat besar

 Cacing sutra merupakan alternatif lain untuk pakan ikan cupang selain cacing darah. Cacing ini mengandung protein yang tinggi. Sobat dapat menemukan cacing sutra ini di selokan air yang kotor, atau bisa beli toko ikan hias. 

Sebelum diberikan ke ikan cupang sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri yang menempel di cacing sutra ini.


5. Microworms


merupakan cacing kecil berukuran sekitar 0,5-2 mm yang dapat sobat jadikan alternatif makanan untuk ikan cupang yang masih bayi. Anda bisa mendapatkan microwotms ini di toko hias. 

Jika anda ingin membudidayakan cacing jenis ini juga tidak sulit, Cukup beli di toko lalu letakkan di dalam toples dan berikan roti tawar yang telah di remah-remah dan biarkan hingga mereka berkembang biak dengan sendirinya.


6. Burayak Guppy


Untuk pakan ikan cupang yang selanjutnya yaitu burayyak guppy atau anakan ikan guppy. Jenis pakan ini cukup populer dan sangat cocok untuk mempercepat pertumbuhan cupang giant karena mengandung nutrisi yang sangat baik. 

Anda bisa mencarinya di persawahan atau bisa juga di budidayakan sendiri.


7. Lalat


makanan ikan cupang yang anakan agar cepat besar

Lalat menjadi pilihan alternatif selanjutnya untuk pakan ikan cupang. Tapi perlu di ingat untuk tidak memberikannya secara berlebihan. Dan jangan lupa untuk membuang terlebih dahulu kepala lalat sebelum diberikan ke ikan cupang.


8. Kutu Air

makanan ikan cupang yang anakan agar cepat besar
Sumber : TheHijau.com

Selain microworms, alternatif pilihan makanan untuk bayi ikan Cupang lainnya yaitu kutu air, karena mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk daya tahan tubuh. 

Tak hanya itu, kutu air juga bisa membuat warna ikan cupang lebih indah dan menyala. Namun kutu air harganya lebih mahal ketimbang pakan jenis lain, karena sulit di budidayakan.


9. Kuning Telur

makanan ikan cupang yang anakan agar cepat besar

Kuning telur cocok untuk ikan cupang karena mengandung gizi dan protein yang tinggi. Anda harus merebus kuning telur terlebih dahulu, lalu berikan sedikit demi sedikit kepada ikan cupang dan jangan terlalu sering karena sisa kuning telur dapat menyebabkan akuarium menjadi kotor.

Sekian ulasan mengenai makanan ikan cupang yang bisa anda jadikan alternatif pilihan untuk ikan cupang kesangan anada.  Baca juga 5 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya sob!


0 Response to "9 Makanan Ikan Cupang Bernutrisi Tinggi Agar cepat Besar dan Berwarna Indah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel