Cara Merawat Ikan Arwana Agar Cepat Besar

Ikan Arwana Super Red

Saat ini ikan arwana telah menjadi salah satu ikan hias primadona masyarakat Indonesai. Bentuk tubuhnya yang unik dan corak warna yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan ini.

Ikan arwana terbilang cukup langka sehingga harganya cukup mahal. Harga ikan arwana super red sendiri bisa mencapai 50.000.000 per ekornya. Namun tak sedikit orang yang memilikinya. 

Memelihara ikan arwana dari anakan terbilang gampang-gampang susah. Banyak orang yang kesulitan dalam proses pemeliharaan ikan arwana. 

Sumber : samudranesia.id

Lalu bagaimana sih merawat ikan arwana di akuarium mulai anakan agar cepat besar? Hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memelihara ikan arwana?

Nah melalui arttikel ini, iwakgalak.com akan sharing mengenai cara perawatan ikan arwana dari soal makanan hingga set-up akuarium. Simak ulasan berikut ini:

Jenis ikan arwana yang cocok untuk dipelihara


Ada banyak sekali jenis ikan arwana di dunia, jika anda bingung ingin memelihara ikan arwana jenis apa? Berikut ini beberapa jenis ikan arwana yang bisa anda jadikan pertimbangan:
  • Ikan arwana red tail golden : Ikan ini berasal dari Riau serta daerah sekitaran Sumatera. Ikan jenis ini memiliki kombinasi warna biru, hijau hingga keemasan dan mampu tumbuh mencapai ukuran  90 cm. Tergolong ikan yang agresif dan susah untuk ditangkap di habitat aslinya.
  • Ikan arwana silver (Brasil) : ikan yang satu ini harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan arwana jenis lain. Arwana jenis ini cukup mudah ditemui di Indonesia. Warna tubuhnya silver semua dan dapat tumbuh mencapai 1 meter.
  • Ikan arwana super red : Ikan arwana ini berasal dari sungai kapuas, Kalimantan Selatan. memiliki warna merah mencolok dan menjadi incaran para kolektor ikan hias.
  • Ikan arwana Papua (Jardini) : Ikan ini berasal dari perairan Papua. Memiliki warna kuning keemasan sehingga terlihat sangat elegan. Arwana jardini mampu tumbuh hingga ukuran 90 cm.
  • Ikan arwana Banjar : Ikan arwana yang satu ini cukup unik karena siripnya berwarna orange dan ekornya berwarna kuning keemasan. Ikan ini mampu tumbuh mencapai ukuran 90 cm.
  • Ikan arwana batik : Seperti pada namanya, ikan ini memiliki corak unik berbentuk seperti batik. Ikan ini terbilang langka dan harganya sangat mahal.
  • Ikan arwana hijau : Arwana hijau tersebar di perairan Asia tenggara. Warna ikan ini kombinasi antara emas, kuning dan hijau samar.

Cara Merawat Ikan Arwana Super Red

1. Persiapkan Akuarium


Ikan arwana super red dewasa mampu tumbuh mencapai 1 meter. Oleh karena itu persiapkan akuarium dengan ukuran minimal panjangnya 1,5 meter, lebar 74 cm serta tinggi 60 cm .

Karena jika tidak, tubuh ikan arwana tidak bisa berkembang dan gampang strees bahkan sampai mati. Selain itu akuaium yang besar membuat ikan lebih leluasa dan enak untuk dipandang.

2. Set-up Akuarium

Agar ikan arwana merasa nyaman dengan tempat barunya tambahkan set-up sesuai dengan habitat aslinya. Untuk dasaran pilih pasir yang berbutir halus. Tambahkan dekorasi seperti tanaman atau kayu namun jangan berlebihan karena ikan ini jarang bersembunyi dan lebih membutuhkan area untuk berenang yang luas.

Untuk yang selanjutnya tutup akuarium agar ikan arwana tidak melompat keatas. Usahakan beri penutup yang berlubang agar oksigen di dalam akuarium menjadi lancar. Dan bisa juga menambahkan lampu sebagai alat penerangan di akuarium.


Beri air akuarium yang bersih dan endapkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ikan minimal satu hari. Dan jangan lupa untuk mengganti air maksimal 2 minggu sekali, tapi jangan dikuras semua ya sob, cukup buang air sebanyak 40 persen dan ganti air dengan yang baru.

Untuk menjaga kualitas agar tidak mudah keruh membutuhkan peralatan seperti heater dan filter. Perhatikan kondisi air, usahakan pH nya 6 serta suhu berkisar antara 24-30ºC.

4. Makanan Ikan Arwana Super Red

Ikan arwana tergolong kedalam jenis hewan karinovora (pemakan daging). Untuk pakan ikan arwana ada banyak varian seperti ulat hongkong, udang, jangkrik, cacing darah,ikan kecil dan lain-lain. Atur pola makan 1-2 kali dalam sehari.

Usahakan beri pakan yang masih hidup karena ikan ini cenderung tidak menyukai pakan yang telah jatuh di dasar akuarium. Pemberian pakan tidak boleh monoton karena ikan arwana akan merasa bosan. 

Catatan: Jika anda ingin mencari teman seakurium untuk ikan arwana ini, ikan oscar, pleco dan catfish bisa menjadi pilihan. jangan memilih ikan kecil seperti guppy, karena pasti tersebut akan menjadi santapannya.


Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda jadikan acuan dalam memelihara ikan arwana super red. Apabila anda mempunyai cara tersendiri dan berhasil merawat ikan arwana hingga besar bisa sharing di kolom komentar. Semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

Sekian terima kasih.

1 Response to "Cara Merawat Ikan Arwana Agar Cepat Besar"

  1. bagus banget https://news.unair.ac.id/2022/03/07/bagaimana-perawatan-pasca-operasi-kanker-payudara-berikut-penjelasannya/?lang=id

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel