5 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah di Pelihara

Ikan Hias Air Tawar 

Memelihara ikan hias di akuarium adalah salah satu kegiatan yang dapat menyenangkan hati dan pikiran. Apalagi jika kita bisa membudidayakan ikan peliharaan kita, pasti lebih nikmat sob!.

Dalam pemeliharaan ikan hias terbilang tidak merepotkan si pemilik. Di sisi lain, menempatkan ikan di dalam akuarium atau kolam juga berfungsi sebagai hiasan untuk menambah nilai estetika ruang kalian sob.

Dari tahun ke tahun peminat ikan hias semakin tinggi. Hal ini tentunya dapat di manfaatkan oleh sebagian orang menjadikan ikan sebagai salah peluang bisnis yang menjanjikan. Tapi, tidak semua jenis ikan hias mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan sob.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Jika anda ingin memelihara ikan hias harus dipertimbangkan terlebih dahulu kesulitan dan reisko terbesarnya. Nah kali ini, iwakgalak.com akan merekomendasikan jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Simak ulasan berikut!

1. Ikan Hias Guppy

ikan hias yang mudah dipelihara

Ikan guppy memiliki banyak jenis, salah satunya jenis ikan guppy yang asli dari indonesia. Ikan guppy bisa jadi pilihan yang pas untuk dipelihara dirumah. Ikan cupang jenisnya cukup beragam dan biasanya dikelompokkan menjadi ikan cupang hias dan ikan cupang aduan.

Baca Juga : Mengenal Ikan Sumatera Mulai dari Ciri Fisik, Makanan, Hingga Cara Perawatannya  

Ikan guppy memiliki bentuk tubuh yang sangat kecil, ditambahi sirip yang berwarna warni dan pastinya membuat para penghobi ikan tertarik untuk merawatnya.

Tubuh yang kecil membuat ikan ini sangat mudah untuk di budidayakan. Kalian tidak perlu tempat yang luas, tapi kalian harus bisa membedakan mana yang jantan dan betina.

Ciri-ciri ikan guppy betina dapat dibedakan dari segi fisiknya, yaitu cenderung memiliki badan bulat, warnanya kusam, dan tidak memiliki sirip yang menjumbai.

Sedangkan, ciri-ciri ikan guppy jantan memiliki warna cerah dengan tubuh yang lebih langsing.

2. Ikan Hias Cupang

Ikan Hias yang mudah dipelihara

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang paling diminati banyak orang. Ikan ini memiliki tubuh kecil namun sangat cantik.

Di alam bebas, ikan cupang biasanya hidup berkelompok dan banyak ditemukan di rawa-rawa, telaga, danau dan sungai dengan perairan arus tenang.

Ikan ini memiliki karakter yang unik dan agresif ketika mempertahankan wilayahnya. Maka dari itu banyak anak anak kecil melihara iki cupang untuk dijadikan ikan petarung.

Perawatan ikan cupang terbilang cukup mudah, kalian hanya perlu mempunyai wadah seperti toples untuk memelihara ikan cupang yang cantik ini.

Di indonesia sendiri sudah banyak orang yang membudidayakan ikan cupang. Peminat yang tinggi membuat ikan ini menjadi salah satu peluang usaha rumahan.

3. Ikan Hias Mas koki

ikan hias

Ikan mas koki termasuk jenis ikan hias yang paling di cari para pencinta ika hias lokal maupun mancanegara. Bentuknya yang lucu dan menggemaskan menjadi salah satu faktor mengapa ikan ini memiliki harga jual yang tinggi.


Peminat ikan mas koki tidak pernah berkurang dan harga jual ikan ini cukup stabil. Maka dari itu banyak penghobi ikan mas koki mencari tambahan uang dengan cara membudidayakan ikan tersebut.

Membudidayakan ikan mas koki terbilang cukup mudah dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Tapi dengan syarat, kalian memiliki pengetahuan yang cukup agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Ikan Hias Koi

ikan hias


Tak hanya di indonesia, ikan koi dikenal luas oleh masyarakat jepang dan berbagai negara lainya. Hal ini dikarenakan, ikan koi memilik simbol cinta dan konon katanya dapat mendatangkan keberuntungan.

Tak bisa dipungkiri bahwa budidaya ternak ikan koi yang terus berkembang secara signifikan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu bisnis budidaya ternak ikan koi dapat dijadikan sebagai peluang yang cukup menjanjikan.

Disi sisi lain, kehadiran ikan koi import membuat ikan koi lokal semakin bersaing dalam segi penjualan. Tidak hanya peluang yang baik, bisnis budi daya ternak ikan koi juga sangat mudah dilakukan, terutama untuk para pemula. Jika kalian ingin memulai bisnis budidaya ikan koi, tidak perlu bingung bagaimana cara memulainya.

Kalian harus jeli memilih indukan, kenapa? karena genetik indukan yang bagus sangat menentukan untuk mendapatkan keturunan yang baik. Setelah itu pilihlah pasangan yang sudah matang, biasanya pada umur 2 tahun.

5. Ikan Hias Louhan

ikan hias

Ikan louhan merupakan ikan hias yang memiliki ciri khas tonjolan besar di bagian atas kepala atau biasa disebut jenong. Karena keunikannya inilah, membuat ikan louhan memiliki nilai jual tinggi dan membuat para pebisnis rela mengeluarkan modal besar untuk memulai budidaya ternak ikan louhan.

Baca Juga : Makanan Untuk Ikan Arwana Terbaik

Itulah tadi 5 jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah di Pelihara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel