6 Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Dapat Menjadi Tankmate Ikan Arwana

Tankmate Ikan Arwana - Memelihara ikan dirumah merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika kita memelihara ikan hias mahal seperti ikan arwana yang digabungkan dengan berbagai jenis ikan lainnya dalam satu tank. Tentunya hal ini membuat kita lebih tertantang untuk memeliharanya.


Sebenarnya ikan arwana jenis apapun memiliki sifat soliter, yang berarti dipelihara secara singel tank. Tapi para penghobi lebih merasa puas jika ia dapat menyatukan ikan arwana dengan ikan jenis lainnya.

Ada banyak faktor mengapa para pemilik ikan arwana lebih memilih memelihara ikan arwana di commtank. Salah satunya adalah bertujuan untuk mengurangi tingkat stres dan kejenuhan ikan arwana.

Tapi jika kalian ingin memelihara ikan secara commtank, kalian perlu tank yang luas untuk menampung banyaknya ikan. Tidak hanya itu, kalian juga harus jeli dalam memilih jenis ikan apa yang cocok untuk teman arwana. 

Berikut ini adalah 6 Jenis ikan predator yang cocok sebagai tankmate atau teman ikan arwana. Simak ulasan berikut ini!!

6 Jenis Ikan Predator Tankmate Ikan Arwana

Tankmate Ikan Arwana


1. Peacock Bass

tankmate ikan arwana

Ikan peacock bass merupakan salah satu ikan terbesar dari family cichlidae. Ikan peacock bass berasal dari perairan benua amerika.

Dihabitat aslinya ikan ini menjadi buruan para pemancing. Namun di mata para penghobi ikan predator, ikan pbass memiliki keunikan yang tidak dimiliki jenis ikan lain. Marking atau corak yang sangat indah menjadi andalan untuk menarik para kolektor agar memeliharanya dirumah.

Baca Juga : Jenis Ikan Predator Asli dari Indonesia

Ikan pbass tergolong ikan yang mudah dipelihara dan memiliki karakter kalem. Untuk itu ikan tersebut cocok di jadikan teman ikan arwana.

2. Oscar

 

tankmate ikan arwana

Ikan oscar atau nama lainnya Astronotus Ocellatus. Ikan predator air tawar ini berasal dari sungai Amazon Brazil.

Ikan oscar sudah banyak dibudidayakan di indonesia. Tentunya hal itu membuat ikan oscar mudah di dapatkan.

Ikan oscar tergolong ikan tipe tengah yang memiliki wajah sangar. Tidak hanya itu, ikan oscar juga memiliki corak yang bervariasi dan memiliki banyak jenis seperti oscar albino, tiger, batik, paris hitam, paris albino dan oscar red.

Ikan oscar bisa jadi pilihan untuk menjadi teman ikan arwana. Gaya berenang yang anggun dapat menambah kesan eksotis dan ramai isi tank kalian sob.

3. Palmas

tankmate ikan arwana

Ikan palmas bisa jadi pilihan yang pas untuk teman ikan arwana kalian sob. Kalian tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan ikan tesebut.

Bentuk tubuh yang hampir mirip seperti belut ini tergolong ikan purba yang masih populer hingga saat ini.

Ikan palmas termasuk ikan tipe bawah, yang berarti aktif berkeliaran didasar akuarium untuk mencari mangsanya. Oleh karena itu disarankan untuk memberi pakan tenggelam seperti cacing tanah dan udang beku.

4. Red Tail Catfish


tankmate ikan arwana

Red tail catfish adalah salah satu ikan dari keluarga lele yang menarik untuk dijadikan teman ikan arwana. Selain karena harganya yang terjangkau, ikan ini juga bisa di alih fungsikan sebagai ikan pembersih di area bawah sob.

Jadi kalian tidak perlu repot membersihkan sisa makanan arwana yang jatuh di dasar akuarium. 


Sudah banyak orang yang membudidayakan ikan red tail catfish ini. Maka dari itu kita mudah mendapatkanya di toko ikan hias khususnya ikan predator.

5. Pari

tankmate ikan arwana

Ikan pari termasuk jenis ikan yang sangat populer untuk teman ikan arwana saat ini. Bagi sebagian orang memelihara ikan pari lebih memiliki kepuasan tersendiri.

Motif yang beragam membuat ikan ini tergolong ikan kelas menengah keatas. Jadi, kalau kalian memelihara ikan pari di gabungkan dengan ikan arwana pasti tank kalian kelihatan tambah mewah sob.

Soal perawatnya ikan pari terbilang cukup mudah. Kalian hanya perlu memiliki sistem filtrasi yang cukup baik dan berilah pakan tenggelam seperti udang, ikan kecil-kecil dan potongan ikan lele.

6. Datz 

Ikan datz atau datnoid adalah ikan yang elegan dan cantik yang bisa di jadikan teman ikan jenis apapun. Ikan yang memiliki karakter kalem ini sangat piawai menguntit mangsanya.

Ada beberapa jenis ikan datz, seperti datz Siam, datz borneo ( Indonesia ), datz Thailand Utara, datz Amerika, dan datz Papua. Tapi biasanya jenis datz borneo yang paling umum dimiliki oleh penghobi ikan predator. 


Warna kuning keemasan dengan tambahan garis loreng-loreng warna hitam membuat ikan ini mirip seperti corak harimau. Hal ini menjadikan ikan datz sangat digemari untuk dipelihara dirumah.

Itulah tadi 6 jenik ikan predator yang dapat menjadi rekomendasi bagi anda yang sedang mencari teman untuk ikan kesayangan anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya sob!



0 Response to "6 Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Dapat Menjadi Tankmate Ikan Arwana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel