Cara Membuat Aquascape Sederhana dan Minimalis

Aquascape adalah seni mendekorasi membuat tampilan pemandangan yang sangat indah di dalam akuarium. Jenis aquascape sederhana dan minimalis banyak dipilih sebagian orang karena pembuatannya tidak terlalu rumit dan tidak terlalu banyak mengeluarkan isi dompet sob.

Yang perlu diketahui, dalam hal membuat aquascape juga dituntut kreatif untuk mengatur atau menata tanaman air, batu, kayu dll. Belakangan ini, membuat aquascape menjadi hobi baru yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

 
cara membuat aquascape tanpa co2

Membuat aquascape memang memiliki tantangan tersendiri. Kenapa? karena kita tidak hanya memelihara ikan tapi memelihara semuanya yang ada di dalam wadah akuarium. Ikan hias aquascape pun hanya jenis-jenis tertentu dan berukuran tidak terlalu besar.

Nah terus apa perbedaannya akuarium dan aquascape? Kalau akuarium, kita hanya fokus dengan memelihara ikan saja. Sedangkan aquascape, ikan hanyalah bonus atau pelengkap saja dan lebih ke merawat tananam.

Pada dasarnya aquascape dan akuarium hampir sama, yakni sama-sama menggunakan wadah yang terbuat dari kaca. Nah akhir-akhir ini, aquascape sederhana dan minimalis banyak dipilih oleh para pemula karena terbilang tidak terlalu sulit.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan membuat aquascape misalnya, soal pencahayaan untuk pengganti matahari sebagai proses fotosintesis dan unsur CO2 untuk tanaman sebagai makanan bagi tanaman air.


Jangan lupa selalu memperhatikan suhu air, jika suhu air di dalam akuarium terlalu tinggi maka tanaman atau fauna yang ada di dalam aquascape akan mati. Sementara suhu yang terlalu rendah juga membuat fauna menjadi pasif.


Bicara soal tanaman, ada banyak jenis tanaman yang digunakan di aquascape dan sangatlah beragam. Orang-orang diluar sana biasanya menggunakan tanaman aquascape yang sesuai dengan budget.

Berikut ini adalah jenis tananam yang bisa digunakan untuk mempercantik aquascape kalian sob.  

Jenis tanaman aquascape

  • Hygrophila Polysperma
  • Windelov
  • Java moss
  • Monte carlo
  • Bucephalandra Black Phantom
  • Anubias Coffeefolia
  • Cryptocoryne Pontederiifolia
  • Cabomba Caroliniana
  • Crinum Calamistratum
  • Echinodorus Tenellus
  • Elatine triandra
  • Hydrocotyle leucocephala
  • Marsilea Hirsuta
  • Lilaeopsis Brasiliensis
  • Didiplis Diandra
  • Echinodorus x Subulatus Lucanas
  • Aponogeton Ulvaceus
  • Blepharostoma Trichophyllum

  • Bacopa sp Colorata


Dan yang perlu kalian ketahui, pembuatan landscape Aquascape sendiri dikelompokkan menjadi 3, yaitu

  • Foreground ( tanaman yang diletakkan pada bagian depan atau bawah yang dijadikan sebagi rumput atau karpet aquascape)
  • Midground ( tanaman yang diletakkan pada bagian tengah)
  • Background (tanaman yang diletakkan pada bagian belakang, biasanya tanaman yang dapat tumbuh tinggi).


Sedangkan jika dibagi berdasarkan pencahayaan, Aquascape terbagi menjadi 3 bagian yaitu:lowlight, midlight, highlight

Sekali lagi, bahwa pencahayaan dalam aquascape ini sangat berfungsi sebagai peran pengganti matahari dan perlu disesuaikan dengan tanaman yang dipakai di dalam aquascape.

Untuk anda yang masih pemula dan bingung mencari referensi tema yang cocok untuk anda gunakan dalam membuat aquascape, dapat membaca artikel 5 Tema Aquascape Sederhana dan Cocok Untuk Pemula.

Cara Membuat Aquascape Sederhana dan Minimalis


1. Alat dan Bahan yang Diperlukan


Untuk Langkah yang pertama dalam membuat aquascape adalah mempersiapkan alat, bahan-bahan, dan komponen pendukung yang diperlukan. Budget yang harus dipersiapkan dalam membuat aquascape pun tidak sedikit, kisarannya minimal 500 Ribu rupiah.

Tak sedikit orang yang mengurungkan niatnya ketika akan membuat aquascape karena terkendala faktor biaya. Sebelum membuat aquascape pastikan list semua bahan dasar yang diperlukan.

Alat dan bahan yang diperlukan antara lain : Akuarium dengan ukuran 80x40x40, pupuk, bebatuan, pasir, tanaman, filter, kayu, diffuser Co2, lampu, dan ikan yang akan dimasukkan ke dalam aquascape.

2. Atur Bagian Dasar Akuarium


Langkah kedua dalam membuat aquascape yaitu mengatur bagian dasar akuarium. Taburkan dasar akuarium dengan pasir yang telah disiapkan dengan ketebalan 2-3 cm.

Pastikan semua area dasar akuarium telah tertutup pasir dan buatlah cekungan ditengahnya sebagai tempat pupuk.

3. Taburkan Pupuk Diatas Pasir


Setelah menaburkan pasir dan tertata dengan baik di bagian dasar akuarium, langkah selanjutnya adalah menaburkan pupuk di bagian lekukan dasar akuarium yang telah dibuat tadi. Ketebalan pupuk pada cekungan kira-kira 2-3 cm, usahakan agar pupuk yang diletakkan pada cekungan tidak terlihat dari luar.

Fungsi pupuk pada aquascape yaitu sebagai sumber nutrisi bagi ekosistem tanaman aquascape. Pupuk bisa anda dapatkan di toko terdekat ataupun online dengan harga Rp.100.000 untuk perkantongnya.

4. Tutup Pupuk dengan Pasir

Hal terpenting dalam membuat aquascape adalah dasar yang nantinya mampu menopang mikro ekosistem yang dibuat. Ada banyak jenis pasir yang bisa dipakai untuk menjadi dasaran misalnya, pasir silika, pasir kandila, pasir malang, pasir bali dll.

Jangan lewatkan cekungan tersebut, karena cekungan tersebut diperuntukkan sebagai tempat karbon aktif dan pupuk.

Setelah pupuk diletakkan pada cekungan dasar akuarium, langkah berikutnya yaitu anda harus menutupnya dengan pasir kembali agar tidak terlihat. Aturlah peletakkan pasir agar terlihat rapi.

5. Tambahkan Bebatuan dan Aksesoris lainnya


Langkah selanjutnya setelah menaburkan pupuk yaitu mulai dengan mendekorasi aquascape. Carilah referensi penataan kayu dan batu yang sesuai dengan keinginan anda sendiri. Lakukan penataan dengan menarik agar terlihat indah dipandang.

Langkah ini kemungkinan akan membutuhkan waktu yang lama karena menyesuaikan dengan tata letak aksesoris lainnya.

6. Masukkan Tanaman


Langkah keempat dalam membuat aquascape adalah meletakkan tanaman. Ini merupakan proses inti dalam membuat aquascape. Sebelum menanam tanaman, isi seperempat akuarium dengan air bersih secara perlahan. Anda bisa menggunakan penyaring agar tidak merusak dekorasi yang telah dibuat sebelumnya.

Lalu pilihlah tanaman yang cocok, anda dapat memilih sesuai dengan yang telah disebutkan diatas. Setiap jenis tanaman aquascape memiliki posisi tersendiri jadi tidak bisa asal-asalan. Agar lebih mudah dalam menanam, anda bisa menggunakan pinset sebagai alat bantu.

7. Isi Akuarium dengan Air Bersih


Setelah proses menanam selesai, langkah selanjutnya yaitu mengisi penuh akuarium dengan air yang bersih. Masukkan air secara perlahan agar dekorasi dan tanaman tidak rusak. Apabila air didalam akuarium telah penuh, anda bisa membuang air sebanyak 70% dari volume air.

Tujuannya adalah untuk membuang kotoran maupun zat berbahaya yang berasal dari pasir, batu, maupun komponen lainnya. Setelah itu, anda bisa mengisinya akuarium kembali hingga penuh. Jika dilihat pertama kali, mungkin air akan terlihat keruh.

Namun jangan khawatir karena air akan berubah menjadi jernih dengan sendirinya beberapa minggu kemudian.

8. Pasang Filter dan Alat Pendukung Lainnya


Langkah selanjutnya setelah mengisi air dengan penuh ialah memasang alat pendukung aquascape seperti, filter, diffuser CO2, dan lampu aquascape.

Setiap alat memiliki fungsinya masing-masing, seperti filter yang berfungsi sebagai alat sirkulasi dan pernyaring air dari kotoran, serta CO2 dan lampu yang berfungsi sebagai media fotosintesis dari tanaman.

Ingat, jangan menyalakan lampu secara terus menerus, cukup 9-10 jam saja per harinya. Karena jika berlebihan akan memicu bertumbuhnya lumut atau alga dalam jumlah banyak. Pastinya hal tersebut dapat merusak tampilan aquascape yang kita buat sob.

9. Perawatan Aquascape Selama 2 Minggu Pertama


Setelah semua proses telah dilakukan, jangan langsung memasukkan ikan kedalam akuarium. Karena air masih tercampur dengan zat berbahaya. Selain itu tanaman pun belum tumbuh dengan sempurna. 

Sebaiknya masukan ikan setelah satu minggu dan anda harus rutin melakukan pergantian air paling tidak seminggu sekali dengan kira-kira 30% dari volume air.

10. Masukkan Ikan Kedalam Aquascape


Sekali lagi, aquascape merupakan seni yang lebih menekankan pada penataan hardscape dan tanaman di dalam aquarium. Oleh karena itu sebagai pelengkap agar akuarium terlihat indah dan cantik harus diberi ikan-ikan kecil yang cantik pula.

Ada banyak jenis ikan aquascape yang dapat gunakan untuk memperindah tampilan. Pilihlah jenis Ikan yang memiliki daya tahan tubuh kuat dan tidak gampang mati. Sekiranya tanaman sudah tumbuh dengan baik, masukan saja ikan yang sudah di pilih kedalam aquascape yang sudah kita buat. Setelah ikan dimasukan berarti pembuatan aquascape ini sudah berhasil dan tinggal menikmati saja keindahan aquascape yg kita buat ini.

Nah, itulah Cara Membuat Aquascape Sederhana dan Minimalis yang murah dan cukup mudah dipraktikkan sendiri di rumah. Sobat juga bisa berkreasi dengan tema dan model lain, misalnya menambahkan tampilan air terjun atau panorama alam lainnya. Selamat berkreasi sob!

1 Response to "Cara Membuat Aquascape Sederhana dan Minimalis"

  1. menarik, baca juga http://news.unair.ac.id/2021/03/31/kuliah-tamu-akuakultur-unair-banyuwangi-kupas-tuntas-pembuatan-aquascape/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel