Ikan Peacock Bass Monoculus

Peacock bass monoculus atau pbass mono. Ikan Pbass memiliki nama latin Cichla monoculus. Ikan ini sangat familiar dikalangan penghobi ikan hias khususnya ikan predator.  Oleh karena itu, ikan ini sering di sebut ikan sejuta umat karena saking banyaknya orang memilikinya.


Ikan Pbass Mono berasal dari sungai Amazon di Amerika utara ini memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Bahkan ketika berukuran kecil pertumbuhannya bisa mencapai 2-3 cm setiap bulannya.

Di negara asalnya jenis ikan predator ini sering dijadikan sasaran pemancing. Karena ikan pbass mono ini memiliki sensasi tarikan yang sangat menantang bagi para pemancing.

Tapi di indonesia, ikan peacock bass mono menjadi tontonan yang menarik apabila di masukan ke dalam akuarium. Tubuhnya yang unik serta sifat temperamen yang cukup agresif menjadi daya tarik bagi sebagian orang untuk memelihara pbass mono ini.

Harga ikan pbass mono ini sendiri terbilang murah bila dibandingkan dengan ikan pbass jenis lain, harganya berkisar antara 25-100 ribu Rupiah per ekornya, tergantung pada ukurannya. Banyak hal menarik mengenai ikan pbass mono ini yang bisa kita bahas. 

Mau tau apa saja yang menarik dari ikan ini? Yuk simak artikel berikut ini:

Ciri Fisik

ikan pbass mono

 

Jenis ikan Peacocok bass cukup bervariatif seperti Orinoco, Kelbery, Blue Azul, Pinima,Orixingu, brocopondo,intermedia dan temensis. Ciri fisik dari ikan pbass mono tidak jauh berbeda dengan yang lain, perbedaanya hanya pada corak garis vertikal pendek berwarna hitam yang pekat di tubuhnya dan sedikit benjolan di dahinya.

Ikan yang memiliki julukan "Roket Berwajah Manusia" ini mempunyai warna khas yaitu kuning keemasan, dengan perut berwarna putih dan sirip sampai ke ekor bawah berwarna orange. Namun pada saat baby atau remaja, ikan Pbass Mono memiliki warna cenderung pucat abu-abu perak.

Dan yang perlu kalian ketahui, jenis ikan Peacock Bass ini sangat rewel soal marking. Warna khas tersebut akan terlihat tajam dan cerah apabila mood ikan Pbass Mono lagi baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi mood ikan contohnya seperti kualitas air, pemberian pakan, faktor genetik, background akuarium dll.

Pbass Mono termasuk dalam spesies Peacock Bass yang berukuran sedang. Di habitat aslinya ikan ini mampu tumbuh maksimal 75 cm. Tapi jika dipelihara di akuarium, rata-rata tumbuh panjang 30 sampai 50 cm saja.

Karakter


Ikan predator yang memiliki wajah sangar ini memiliki karakter yang cenderung lebih sering diam di tempat. Ikan Pbass Mono sangat senang sekali mendiami area tengah akuarium, terkadang sesekali bergerak ke atas untuk sekedar eksplorasi.

Walapun sering diam, tetapi lain cerita ketika kalian memberinya pakan. Ikan ini akan melahab dengan cepat pakan apa saja yang kalian beri. Dan tentunya memberi sensasi tersendiri dalam memelihara ikan peacock bass monoculus. 

Baca Juga : Tankmate yang Cocok Untuk Ikan Arwana

Jika anda ingin memelihara ikan ini, lebih baik menghindari dekorasi akuarium yang berbentuk tajam seperti kayu yang tajam karna dapat melukai tubuh ikan. Selain itu anda dapat menambahkan berbagai jenis dekorasi akuarium yang dapat memperindah dan terlihat seperti habitat aslinya.

Makanan


Ikan peacock bass monoculus memiliki rahang dan mulut yang lebar. Tak heran jika ikan yang satu ini termasuk jenis ikan yang sangat rakus seperti ikan predator lainnya. Jadi tidak heran kalau banyak orang sangat menyukai ikan ini ketika memancingnya.

Dihabitat aslinya, ikan ini senang memburu ikan-ikan kecil yang ada di sekitarnya. Tapi jika kalian memelihara Ikan Pbass Mono dirumah, kalian bisa mencari opsi pakan lain seperti udang, cacing tanah, katak sawah, ulat dll.

Pertumbuhan ikan ini terbilang sangat cepat, jadi variasikan makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi pada ikan. Anda bisa memberikan makan 2 kali sehari untuk ikan ini.

Habitat dan penyebaran


Habitat Peacock Bass Monoculus adalah perairan dengan arus yang kencang. Tetapi bukan berarti pbass mono tidak menyukai perairan yang berarus pelan loh sob.

Ikan jenis Pbass banyak ditemukan hidup di batang utama Sungai Amazon, daerah tengah hingga atas Rio Negro dan di sekitar anak sungai kedua sungai tersebut.

Nah itu tadi sob beberapa hal mengenai ikan pbass mono. Sebuah ikan yang cukup eksotik kan sob? Jika anda berniat untuk memelihara ikan ini pastikan terlebih dahulu cara merawat dan ukuran akuarium yang harus dipersiapkan untuk ikan pbass ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


0 Response to "Ikan Peacock Bass Monoculus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel