7 Jenis Ikan Predator Air Tawar Asli Indonesia Terkeren!

Ikan Predator Air Tawar Asli Indonesia - Akhir-akhir ini jenis ikan predator air tawar banyak diminati oleh sebagian orang. Bentuk tubuhnya yang unik dan eksotis serta memiliki temperamen yang agresif menjadi daya tarik tersendiri bagi penghobi ikan predator.

Ikan predator sudah menjadi hewan peliharaan yang umum untuk menghiasi akuarium. Ikan predator hias biasanya yang berukuran tidak terlalu besar dan tidak memakan tempat di akuarium.

Ada jenis ikan predator yang bisa digabung dan ada yang tidak, tergantung jenisnya dan teman ikan yang akan digabung. Jika tidak cocok pasti akan bertengkar selama di dalam akuarium.

Biasanya ikan predator air tawar berasal dari sungai-sungai luas seperti Amazon di Amerika Serikat. Namun siapa sangka sob, bahwa Indonesia memiliki ikan predator yang keren-keren dan pastinya layak untuk dijadikan hiasan di akuarium kalian.

Mau tau apa saja jenis ikan predator air tawar asli Indonesia? Yuk simak ulasan berikut ini:

Ikan Predator Air Tawar Asli Indonesia


1. Ikan Tapah

ikan predator

Ikan tapah merupakan ikan asli dari perairan Kalimantan. Disana ikan tapah menjadi buruan para pemancing yang dijadikan sebagai ikan konsumtif. Sensasi tarikan yang menantang menjadi alasan mengapa ikan ini jadi target utama para pemancing.

Ikan tapah mempunyai beberapa nama panggilan seperti Helicopter Catfish dan Wallago Catfish. Ikan ini memiliki kumis dan kepala seperti ikan lele. Tidak hanya itu, ikan ini juga memiliki badan yang pipih seperti ikan belida.

Di kalangan pecinta ikan predator, ikan ini sangat populer di indonesia maupun luar negeri.

2. Ikan Arwana

ikan predator

Ikan arwana merupakan ikan purba yang masih hidup hingga saat ini. Ada banyak jenis ikan arwana yang berasal dari indonesia seperti arwana banjar, arwana jardini irian dan arwana super red.

Secara fisik, ikan arwana memiliki tubuhnya pipih dan punggungnya datar, hampir lurus dari mulut hingga sirip. Bentuk mulutnya mengarah keatas dan mempunyai sepasang sungut pada bibir bawah. Ukuran mulutnya lebar dan rahangnya cukup kokoh. Bagian insangnya di lengkapi dengan penutup insang. Letak sirip punggungnya berdekatan dengan pangkal sirip. 

Panjang arwana dewasa sangat variatif, antara 40-80 cm. Bentuk badannya gepeng dan bersisik besar meliuk-liuk indah saat berenang di akuarium.

Setiap jenis ikan arwana memiliki ciri khas tersendiri. Karena itu, tidak mengherankan jika sebagian masyarakat ingin memeliharanya.

3. Ikan Toman

ikan predator

Ikan toman tergolong ikan predator yang ganas dari keluarga ikan gabus atau Snakehead. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus.

Toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi salah satu ikan spesies terbesar yang ada di indonesia. Gigi dan rahang yang kuat menjadi andalan toman untuk merobek robek mangsanya dengan cepat.

Baca Juga : Jenis Ikan Peacock Bass Paling Populer

Ikan toman banyak tersebar di perairan Indonesia bagian barat Sumatra, Kalimantan dan pulau-pulau sekitarnya.

Ikan toman memiliki kepala seperti ular dan badan pipih. Yang kalian harus tau, ikan toman memiliki lima buah sirip, уаіtu sirip punggung (pinnae dorsalis), sirip dada (pinnae pectoralis), sirip perut (pinnae ventralis), sirip dubur (pinnae analis) dan sirip ekor (pinnae caudalis).

4. Ikan Channa Maruliodes

ikan predator

Sama seperti ikan toman, channa maruliodes masih satu keluarga dari ikan gabus. Ikan ini cukup populer dikalangan para pecinta ikan predator. 


Uniknya adalah ikan channa maruliodes memiliki 3 fase di kehidupannya. Di fase terakhir ikan channa maru ini akan memperlihatkan corak dan warna aslinya. Nah untuk warna asli tergantung dari mana lokasi ikan tersebut tinggal.

Sebagai ikan predator, channa maru merupakan jenis hewan karnivora yang memakan hewan-hewan kecil seperti, ulat hongkong, cacing, jangkrik, udang, dan ikan-ikan kecil dsb.

5. Ikan Channa limbata

ikan predator

Belum semua orang tahu bahwa ikan gabus indonesia terbagi menjadi 2 kelompok, yakni jenis gabus besar dan gabus kecil. Yang perlu kalian tahu, gabus besar mampu tumbuh hingga lebih dari 1 meter di alamnya. Sedangkan gabus kecil atau dwarf yakni jenis gabus yang bertubuh kecil maksimal 20 cm.

Selain channa maru, indonesia juga mempuyai spesies lainnya yakni channa limbata atau channa gachua. Ada beberapa nama panggilan untuk ikan ini. Di jawa ikan ini disebut ikan kotes, sunda menyebutkan denga ikan bogo, masyarakat kalimat memaggilnya dengan ikan haruan dan sumatra dengan ikan bocek.

Ikan channa ini banyak tersebar di kepulauan sumatra kalimantan dan jawa. Dihabitat aslinya ia menyukai daerah yang memiliki sumber mata air jernih.

6. Ikan Belida

ikan predator

Ikan belida atau biasa di sebut belido adalah salah satu ikan primitif. Ikan ini banyak sekali tersebar di daerah sungai-sungai besar yang terdapat di pulai sumatra kalimantan dan jawa.

Ikan belida memiliki ciri khas yang unik, bentuk tubuhnya mirip seperti pisau. Oleh karena itu para penghobi ikan predator ingin sekali merawatnya untuk dijadikan teman ikan arwana.

Di daerah palembang khususnya, ikan ini sangat dicari untuk dijadikan bahan baku pembuatan empek-empek. Rasa ikan yang enak membuat ikan ini dijadikan ikan konsumsi bagi masyarakat sekitar dan pastinya memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi

Sayangnya, penangkapan ikan belida yang berlebihan menyebabkan kelestarian ikan jenis belida mulai terancam. Bahkan saat ini ikan belida sudah termasuk salah satu ikan yang dilindungi.

7. Ikan Tiger Datz

ikan predator

Tiger datz adalah salah satu jenis ikan yang sangat cantik asli dari indonesia. Memang ada 2 jenis tiger dazt, yakni datz siam dan indonesia.

Datz indonesia memiliki corak khas 3 dan 4 garis hitam. Selain itu tubuh yang tinggi serta dahi yang miring tajam dan ditambahi warna emas membuat ikan ini sangat diminati para penghobi lokal maupun luar negeri. 

Baca Juga : Jenis Ikan Predator yang Kuat Hidup Tanpa Aerator

Tapi sayang, ikan datz memiliki pertumbuhan yang lambat. Kita butuh bayak kesabaran untuk merawat ikan yang cantik ini.

Itulah tadi 7 Jenis ikan predator air tawar yang asli dari Indonesia. Tak kalah kerennya dengan ikan predator air tawar yang berasal dari luar negeri kan sob! Semoga dapat menjadi referensi anda dalam dunia perikanan. Semoga bermanfaat !



0 Response to "7 Jenis Ikan Predator Air Tawar Asli Indonesia Terkeren!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel