10 Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Untuk Pemula

Tanaman Aquascape


Aquascape merupakan keterampilan menata, menempatkan dan mengatur tanaman, batu atau kayu di dalam akuarium sebagai dekorasi agar dapat menciptakan sebuah nilai estetika dan keindahan. Dalam membuat aquascape dibutuhkan ketelitian serta kesabaran yang tinggi. Pasalnya kegiatan ini cukup sulit.

Dalam aquascape tidak sembarang tanaman bisa digunakan. Dalam perawatannya, tanaman aquascape ada sulit dan ada yang mudah. Layaknya tanaman yang hidup didarat, tanaman di aquascape juga membutuhkan CO2 sebagai alat fotosintesis. Selain itu, tingkat pencahayaan juga berpengaruh terhadap kesuburan tanaman.

tanaman aquascape

Jika anda masih pemula, lebih baik pilih tanaman yang perawatannya mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. 

Yuk simak 10 Jenis Tanaman Aquascape yang cocok untuk pemula :

1. Java Moss


Tanaman Aquascape


Java moss adalah tumbuhan yang masih satu keluarga Hypnacae yang berasal dari Asia Tenggara.Java moss merupakan salah satu jenis tanaman yang paling sering dipakai dalam aquascape karena kuat dan tidak gampang mati. 

Tanaman ini memiliki warna hijau terang dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Java moss dapat tumbuh ideal di air dengan suhu 21-24 derajat celcius. 

Tumbuhan ini sangat cocok untuk pemula karena tidak membutuhkan pencahayaan khusus. Java moss memiliki manfaat untuk perlindungan benih ikan serta meningkatkan kualitas pada air.


2. Amazon Sword


tanaman aquascape


Seperti namanya, bentuk tanaman amazon sword ini terlihat seperti pedang. Tanaman ini sering digunakan oleh para aquascaper. 

Amazon sword dapat tumbuh pada suhu 22-28 derajat celcius dengan bantuan pencahayaan moderat. Bentuk daunnya lebar dan menjulur keatas, sehinngga sangat cocok untuk ditempatkan dibagian belakang aquascape. Baca Juga : 10 Rekomendasi Jenis Ikan Aquascape Terindah

Amazon sword mempunyai beberagam varian seperti Echinodorus bleheri yang memiliki daun lebar dan  Echinodorus amazonicus yang memiliki daun lebih ramping dan panjang.


3. Water Wisteria


tanaman aquascape


Water Wisteria atau dengan nama lain Hygrophila difformis merupakan tanaman yang berasal dari wilayah India, Bangladesh dan Bhutan. 

Tanaman ini dapat ditemukan dipinggiran sungai dengan perairan dangkal. Water wisteria dapat tumbuh pada suhu 23-28 derajat celcius, Selain itu tanaman ini juga bisa tumbuh tanpa CO2 tambahan. 

Water wisteria merupakan tumbuhan aquascape yang mudah dipelihara serta sangat cocok untuk karpet akuarium.

4. Dwarf Baby Tears


tanaman aquascape


Dwarf Baby Tears memiliki nama lain Hemiantus Callitrichoides, merupakan tanaman aquascape terkecil yang berasal dari Kuba.

Tanaman ini memiliki daun kecil, lebat, dan tumbuhn rendah sehingga sangat cocok digunakan sebagai karpet dan foreground. Tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang tinggi, setidaknya 2 lampu akuarium, jika tidak ada pencahayaan tanaman ini akan tumbuh keatas mencari sumber cahaya.

 Tanaman dwarf baby ini juga membutuhkan tambahan CO2 agar bisa tumbuh dengan baik.

 Baca Juga : 5 Tema Aquascape Sederhana dan Cocok Untuk Pemula

5. Lilaeopsis


tanaman aquascape

Lilaeopsis brasiliensis merupakan tumbuhan aquascape yang sangat mirip dengan rumput di daratan, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai karpet akuarium dan foreground. 

Tanaman ini perawatannya cukup mudah dan cocok untuk anda yang masih pemula. Lilaeopsis mampu tumbuh hingga 5 cm, oleh karena itu nda harus sering memangkasnya agar tidak menjajah tumbuhan lain dan terlihat rapi.

6. African Water Fern


tanaman aquascape


African Water Fern atau dikenal dengan Bolbitis Heudelotii merupakan salah satu jenis tanaman yang membutuhkan pencahayaan tinggi.

Tanaman aquascape ini bentuknya besar dan bongsor sehingga harus ditempatkan di akuarium yang berukuran besar agar tidak terlihat sempit.

7. Anubias Nana


tanaman aquascape


Anubias nana merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan para aquascaper di Indonesia. Tanaman ini berasal dari Nigeria timur, Kamerun dan Afrika Barat, serta telah tersebar di Asia, Eropa dan Amerika Serikat. 

Anubias nana mampu tumbuh mencapai 15cm dan hidup pada suhu akurium berkisar anatara 22-28 derajat celius. Karakteristik daun bagian tengah yang melengkung serta variasi warna merah kecoklatan menjadikan tanaman ini terlihat cantik. Karena bentuknya yang cantik para aquascaper biasa meletakkanya di tengah akuarium.

8. Java Fern


tanaman aquascape


Java Fern atau Microsorum Pteropus merupakan tanaman aquascape yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini sangat cocok untuk pemula karena perawatannya tidak membutuhkan substrat khusus, pupuk dan CO2.

Jika kondisi ekosistemnya ideal, mereka akan tumbuh cepat dan lebat sob. Tanaman ini biasanya digunakan pada hardscape seperti batu atau kayu ketimbang menguburnya di substrat.

9. Bacopa Sp Colorata


tanaman aquascape


Bacopa Sp Colorata memiliki nama lain yaitu Bacopa Pink yang berasal dari Brasil, merupakan salah satu tanaman aquascape yang memiliki daun berwarna merah. Suhu yang harus disediakan berkisar antara 20-28 derajat celcius. 

Tanaman ini membutuhkan pencahayaan dan karbon dioksida yang berukuran sedang.

10. Monte Carlo


tanaman aquascape


Monte carlo  merupakan salah satu tanaman faforit para aquascaper. Tanaman ini membutuhkan nutrisi dan pencahayaan yang tinggi agar dapat tumbuh subur dan lebat. Baca Juga : 8 Jenis Ikan Pembersih Kaca dan Kotoran Akuarium atau Aquascape

Jika dilihat sekilas, monte carlo akan terlihat seperti dwarf baby tears.

Itulah tadi 10 jenis tanaman aquascape yang mudah dipelihara. Semua tergantung bagaimana anda merawatnya dan memenuhi kebutuhan tanaman tersebut. Jika sudah baik pasti tanaman akan tumbuh dengan subur. Semoga Bermanfaat!

0 Response to "10 Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel