20 Jenis ikan koi Termahal dan Harganya

Jenis Ikan Koi

jenis ikan koi
Sumber : https://www.jualikankoi.com

Ikan koi merupakan salah satu kerabat dari ikan mas. Ternyata terdapat banyak sekali jenis ikan koi. Tapi jangan bingung, jenis ikan koi dapat dibedakan berdasarkan warna ditubuhnya.

Dalam membedakan jenis ikan koi dibilang cukup sulit karena warna ikan koi satu dengan yang lainnya hampir mirip.

Pada dasarnya, ikan koi memiliki 3 warna dasar yakni orange hitam dan putih. Tak heran jika banyak orang yang kesulitan membedakan nama jenis ikan koi tersebut.

Biasanya, penamaan jenis ikan koi sengaja dibuat dari penggabungan 2 nama induknya. Harga ikan koi terbilang mahal. Seperti ikan koi kohaku yang menjadi ikan koi termahal dan pernah terjual hingga 26 Milyar Rupiah.

Ikan koi sangat populer di negara Jepang. Disana sudah banyak orang membudidayakan berbagai jenis ikan koi.

Namun seiring berjalannya waktu, ikan koi mulai datang ke Indonesia. Ikan tersebut dibawa dan dibudidayakan oleh salah satu pecinta ikan bernama Hani Moniaga. Ada beberapa jenis ikan koi lokal. Salah satunya ikan koi blitar yang sudah sangat terkenal.

Nah kali ini iwakgalak.com akan membagikan jenis-jenis ikan koi dan harganya, mau tau apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Koi Kohaku

jenis ikan koi


Kohaku adalah salah satu jenis ikan koi yang familiar dikalang pecinta ikan. Ikan ini memiliki ciri ciri warna yakni putih kapur kombinasi warna merah.

Untuk masalah harga jenis ikan koi kohaku, biasanya dijual di angka 200 ribu per ekor. Tapi harga ikan ini bisa berubah tergantung dari warna dan ukuran ikan itu sendiri. Semakin cerah dan besar membuat ikan ini semakin mahal.

Ikan kohaku menjadi ikan koi termahal karena di Jepang pernah terjual hingga 26 Milyar Rupiah.

2. Koi Taisho sanke

jenis ikan koi


Jenis ikan koi taisho sanke hampir mirip dengan kohaku. Yang membedakan adalah tambahan bercak berwarna hitam dibagian atas.

Jadi pola warna khas ikan koi taisho sanke memiliki 3 kombinasi warna yakini merah, putih dan hitam.

Ikan koi ini mudah sekali dibudidayakan, tak heran jika ikan koi taisho sanke sering kita temui di penjual ikan hias.

Dipasaran indonesia, jenis ikan koi yang memiliki banyak penggemar ini dibandrol harga sekitar 300 Ribu per ekor.

3. Koi Goromo

jenis ikan koi


Jenis ikan koi goromo adalah hasil dari persilangan antara jenis ikan koi kohaku dan jenis koi asagi.

Ciri khas warna ikan ini yakni corak pada bagian atas berwarna hitam ditambahi paduan warna ungu.

Jenis ikan koi goromo ini dibandrol harga 400 ribu per ekor.

4. Koi Kawarimono


Ikan koi kawarimono merupakan jenis ikan koi persilangan. Warna ikan ini sedikit berbeda dengan jenis ikan koi lainnya.

Biasanya ikan koi memiliki bercak berwarna warni, sementara ikan koi kawarimono memiliki warna cendurung polos diseluruh tubuhnya.

Tapi harga ikan koi satu ini cukup lebih murah dibandingkan dengan jenis ikan koi lainnya yakni sekitar 100-200 ribu per ekor.

5. Koi Showasansoku


Jenis ikan Koi showasansoku atau biasa disebut dengan koi showa ini memiliki warna yang bisa dibilang sempurna.

Kenapa? Karena ikan ini sedikit berbeda dengan jenis koi lannya, corak berwarna merah putih dan hitam ini memenuhi seluruh tubuh ikan koi showasansoku.

Nah karena keindahan warna diseluruh bagian tubuhnya, ikan ini dibandrol cukup mahal sekitar 1 juta per ekor.

6. Koi Ogon


Koi ogon merupakan hasil dari persilangan antara koi kuning dengan koi shiro suji. Hasil awal percobaan persilangan ikan tersebut belum menghasilkan warna sempurna.

Seering berjalanannya waktu, hasil silangan itu berubah menjadi warna keemasan yang sangat eksotis yang disebut jenis ikan koi ogon.

Baca Juga : 7 Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

Karena sulitnya proses persilangan, ikan ini dibandrol cukup mahal sekitar 1.500.000 untuk per ekornya.

7. Koi Shiro Bekko

jenis ikan koi


Jenis ikan koi Shiro Bekko mempunyai kemiripan dengan koi shiro utsuri. Sekilas memang sama, namun jika dilihat secara detatail ikan ini memiliki perbedaan pada warna dasar putih susu dan sedikit pola warna hitam.

Ikan yang memiliki pola warna seperti sapi perah ini di jual dengan harga sekitar 800 sampai 1 juta per ekor.

8. Koi Hikarimoyono


Koi Hikarimoyono bisa dibilang jenis ikan koi yang cukup langka dibanding beberapa jenis koi lainnya. Kenapa? Karena adanya corak yang sedikit aneh pada bagian punggungnya.

Ikan ini memiliki warna dasar putih keperakan. Harga ikan ini sekitar 700 ribu per ekornya.

9. Koi Utsurimono


Koi utsurimono merupakan hasil persilangan dari hikarimono dengan utsuri atau showa. Tak heran jika warna dasarnya ia akan terlihat seperti utsurimono atau showa dengan sisik yang berkilau.

Pada dasarnya jenis ikan koi Utsurimono memiliki pola dasar warna hitam. Namun ada beberapa varian warna lainnya seperti ada yang berwarna kuning merah dan putih.

10. Koi Asagi

jenis ikan koi


Koi Asagi menjadi spesies koi yang tak kalah menawan. Kenapa? karena koi satu ini memiliki punggung berwarna biru agak kelabu.

Sementara pada bagian kepalanya lebih membawa warna putih dan merah seperti Koi pada umumnya.

Nah jika koi ini memiliki warna dominan biru, biasanya harga ikan koi tersebut menjadi lebih mahal. Tapi untuk harga jualnya ikan koi asagi dibandrol sekitar 1 juta per ekor.

11. Koi Kinginrin


Koi Kinginrin adalah jenis yang mempunyai ciri-ciri corak warna kuning. Kanginrin adalah jenis koi dari hasil persilangan.

Ikan koi ini sering disebut ikan karper karena tubuhnya yang dominan mirip karper. Harganya pun cukup mahal yakni 900.000 per ekornya.

12. Ikan Koi Shusui


Ikan koi shusui memang cukup menarik. Ikan ini memiliki ciri khas pada bagian punggungnya yang berwarna biru dengan paduan abu abu ditambahi warna orange merah dan kuning di bagian perutnya.

Koi shusui merupakan hasil persilangan koi asagi dengan ikan mas jerman, pola sisik itu pun dikatakan merupakan turunan dari koi asagi.

13. Koi Tancho


Koi tancho adalah salah satu ikan koi yang memiliki keunikan tersendiri. Sisiknya yang mulus dan sangat manis ini berwarna putih susu, serta di kepala terdapat bulatan warna jingga kemerahan menambah kesan elegan ikan tersebut.

Biacara soal harga, satu ekornya di hargai 800 ribu per ekornya.

14. Koi Shiro Utsuri


Jenis ikan Koi Shiro Utsuri lebih mempunyai lekuk tubuh indah dan warna dasar putih ditambahi bercak berwarna hitam.

Ikan ini sangat cantik sekali pada saat berenang di air, nampak berkilau bagaikan batuan alam. Tak heran jika para penghobi ikan hias pengen merawatnya.

 Baca Juga : Tips Memelihara Ikan Koi Bagi Pemula

Ciri-ciri koi jenis ini adalah ukuran tubuhnya yang cukup besar. Corak hitamnya sendiri terdapat di bagian samping tubuh dan sedikit di pangkal sirip.

Pasaran indonesia ikan ini dibandrol harga sekitar 700 ribu per ekor.

15. Koi Ki Utsuri


Koi Ki Utsuri mempunyai warna kombinasi jingga dan hitam. Selain itu, ukuran tubuhnya sedikit agak kecil dan memiliki sirip serta ekornya berwarna hitam.

Jenis Utsuri ini juga ada yang warnanya jingga kemerahan, tapi itu sulit didapatkan. Kebanyakan yang biasa ditemukan adalah yang berwarna jingga dan orange. Harga Ikan Koi Ki Utsuri yakni 850.000 per ekor.

16. Koi Kumpay Slayer


Koi kumpay slayer atau biasa disebut dengan butterfly koi ini cukup diminati para penghobi ikan hias. Kenapa disebut butterfly koi? Karena koi satu ini memiliki sirip yang panjang seperti kupu-kupu.

Kombinasi warnanya adalah jingga dan silver keputihan atau kuning dan silver keputihan. Untuk harga per ekor ikan cantik ini di bandrol 1.5 juta.

17. Koi Matsuba


Jenis ikan Koi Matsuba memiliki warna tubuh yang bervariasi, ada yang berwarna oranye, ada pula yang kuning.

Pada bagian punggungnya, terdapat corak seperti jaring berwarna hitam memanjang dari bawah kepala hingga dekat dengan ekor.

Jenis koi matsuba biasa ditemukan di pasaran dengan kisaran harga 500 ribu.

18. Koi Ogon Platinum


Koi Ogon Platinum sendiri tidak menampakkan ciri-ciri yang khas, yakni tiadanya warna putih atau platinum pada tubuhnya.

Baca Juga : 7 Jenis Ikan Koi Terpopuler dan Termahal

Justru tubuh jenis ikan Koi ini cenderung berwarna silver. Tak heran jika satu ekornya di tafsir dengan harga 1.2 juta.

19. Koi Ogon Yamabuki


Ciri-ciri ikan Koi ini mempunyai warna kuning keemasan dengan sedikit kombinasi warna putih susu. Biasanya siripnya berwarna putih dan kuning.

Koi satu ini merupakan hasil dari perkawinan antara kigoi dan ogon.

Harga Ikan Koi Ogon Yamabuki ini senilai 900 ribu per ekor.

20. Koi Kujaku


Koi kujaku memiliki nama sebutan yakni ikan koi champion. Ikan ini memiliki warna tubuh yang sangat cerah dengan tambahan kombinas warna putih, merah dan bercak berwarna hitam dibagian punggungnya.

Di pasaran, biasanya para penjual membandrol dengan harga sekitar 500 ribu per ekor.

0 Response to "20 Jenis ikan koi Termahal dan Harganya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel