11 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Di Pelihara

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Memelihara ikan hias merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Bentuknya yang unik dan warna cerahnya yang menarik membuat kita betah untuk berlama-lama memandangi kecantikannya. 

Selain itu, memelihara ikan didalam aquarium rumah juga dapat mempercantik ruangan dan membuat suasana rumah menjadi lebih segar. 

Harga ikan hias di pasaran juga masih ramah dikantong, jadi tak heran jika sekarang banyak yang menjadikannya sebagai hiasan aquarium.

Nah berikut ini 11 Jenis ikan hias air tawar yang dapat anda pelihara di rumah sebagai penghias aquarium:

1. Ikan Cupang

jenis ikan hias air tawar

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sangat populer di Indonesia. Ikan cupang memiliki beragam jenis mulai dari cupang hias, aduan dan liar. Ikan ini cukup mudah ditemukan di toko penjual ikan dengan harga yang bervarian. 

Memiliki warna dan ekor yang cantik serta perawatannya yang mudah membuat ikan cupang diminati banyak orang. Ikan ini adalah ikan berukuran kecil sekitar 2,5 cm dan masih dapat tumbuh hingga 12,5 cm, jadi tidak membutuhkan tempat yang besar jika ingin memeliharanya. 

Namun sayangnya ikan cupang memiliki sifat agresif yang membuatnya tidak dapat digabung dengan ikan lain.

2. Ikan Guppy

jenis ikan hias air tawar
 

Ikan mungil ini juga merupakan salah satu ikan hias air tawar yang tak kalah populernya dengan ikan cupang. Daya tarik ikan guppy ialah bentuk sirip dan warna cerahnya yang menarik. 

Selain itu, ikan air tawar ini juga memiliki harga yang murah, mudah diperlihara serta dibudidayakan. Ikan guppy cukup mudah ditemukan di toko penjual ikan hias dengan beragam varian warna. 

Ukurannya sekitar 4-5 cm untuk betina dan ukuran jantan lebih kecil dan cocok untuk dicampur dengan ikan hias air tawar jenis lain sehingga sangat rekommended jika dijadikan ikan hias di dalam akuarium.

3.Ikan Mas Koki

jenis ikan hias air tawar

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak diminati oleh pecinta ikan hias di Indonesia. Memiliki perpaduan warna antara orange, kuning dan putih membuat ikan mas koki terlihat sangat cantik. 

Selain itu, bentuk perut yang menggembung dan mata besar juga menjadi daya tarik tersendiri untuk ikan hias ini. Dengan beberapa kecantikan ikan mas koki, harganya pun masih sangat terjangkau di kantong, yaitu sekitar 1Rp. 10 ribu per ekornya. 

Namun ada juga ikan mas koki yang harganya sangat mahal, tergantung pada usia dan jenisnya. Perawatnnya tidak terlalu sulit, jadi ikan mas koki harus ada di akuariummu.

4. Ikan Manfish

jenis ikan hias air tawar

Jensi ikan hias air tawar yang berikutnya manfish. Bentuk tubuhnya yang pipih, sirip yang panjang dan warna yang elegan menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan manfish. 

Baca Juga : Jenis Ikan Koi Termahal

Ikan manfish masih satu keluarga dari Chicildae. Jenis ikan ini sangat mudah dipelihara karena mudah beradaptasi dan dapat digabung dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu akuarium. Untuk medapatkan manfish cukup mudah karena banyak tersedia di toko ikan hias dengan harga yang cukup terjangkau. 

Ikan ini juga tidak ribet soal makanan, biasanya ikan ini memakan larva nyamuk, chironomous dan cacing tubifeks.

5. Ikan Neon Tetra 

jenis ikan hias air tawar

Ikan neon memiliki nama latin Paracheirodon Innesi dan berasal dari Amerika Latin, tepatnya di perairan Sungai Amazon. Ikan neon merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sangat terkenal dan sering dijadikan sebagai ikan aquascape

Bentuknya yang mini dan memiliki perpaduan warna putih perak dan biru terang yang menghiasi badannya menjadi sangat menarik untuk dipandang, apalagi dalam jumlah yang banyak.

 Keunikan dari ikan ini yaitu sisiknya yang mengandung zat bioluminesen yang berarti dapat mengeluarkan cahaya.

6. Ikan Discuss

jenis ikan hias air tawar

Ikan discus berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Memiliki bentuk tubuh pipih, panjang sekitar 15-25 cm, warna yang cerah, sirip besar memanjang dan mata yang merah membuat ikan discus menjadi ikan hias air tawar yang banyak diminati oleh para pecinta ikan hias.

 Ikan discus mempunyai alat pertahanan diri dari ikan predator yaitu berupa garis pada tubuhnya. Namun berbeda dengan ikan hias jenis lain, ikan discus dipatok dengan harga yang lumayan mahal, tapi hal itu cukup sebanding dengan kecantikan yang dimiliki oleh ikan yang stau ini. 

Untuk perawatan anda harus lebih ekstra dibanding ikan jenis lain.

7. Ikan Lemon

jenis ikan hias air tawar

Nama ikan lemon berasal dari warna tubuhnya yang  kuning cerah layaknya bauh lemon. Ikan ini cukup mudah untuk dikenali karena memiliki warna kuning mencolok yang dipadu dengan warna hitam diujung sirip atasnya.

Namun tak hanya kuning, ikan lemon juga ada yang berwarna biru. Ikan hias air tawar ini berasal dari Afrika dan banyak sekali yang mencarinya untuk dijadikan sebagai ikan hias akuarium. 

Ikan lemon memiliki sifat teritorial atau memiliki area kekuasaan sehingga perlu hati-hati ketika akan mencampurnya dengan ikan hias jenis lain.

8. Ikan Molly

jenis ikan hias air tawar

Ikan molly atau ikan balon merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Meksiko. Ikan molly adalah ikan kecil yang memiliki ciri-ciri perut buncit, panjang sekitar 12 cm, termasuk ikan yang mudah diperlihara dan dibudidayakan. 

Oleh sebab itu ikan ini sering dijadikan ikan hias akuarium karena mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan aman jika digabung dengan jenis ikan lainnya. 

Keunikan ikan ini ialah berkembang biak secara melahirkan dan memiliki sifat pemalu, jika melihat musuh atau benda asing ikan molly pasti akan kabur dan bersembunyi.

9. Ikan Louhan

jenis ikan hias air tawar

Nah untuk ikan hias air tawar yang satu ini mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Ikan louhan memiliki ciri khas yang mencolok yaitu jenong di bagian kepala dan corak warna yang menarik. Ikan ini banyak dipelihara oleh para kolektor ikan hias karena memiliki mitos pembawa keberuntungan. 

Jadi tak heran jika harganya menjadi sangat mahal, Ukuran jenong juga berpengaruh terhadap harga ikan louhan ini. Ikan ini memiliki sifat cukup agresif dan sering memakan ikan-ikan kecil lainnya yang ada di dalam satu akuarium.

10. Ikan Corydoras

jenis ikan hias air tawar

Ikan yang terlihat seperti tikus berenang ini berasal dari perairan sungai Amazon, Amerika Selatan. 

Ikan corydoras memiliki ciri fisik kumis pada mulutnya seperti ikan lele dan memiliki sifat pendiam tidak terlalu agresif, jadi cocok jika digabung dengan ikan air tawar jenis lainnya. 

Ikan ini sering berada di dasar akuairum, apalagi jika bagian dasarnya pasir. Ikan ini dapat menjadi pembersih akuarium karena terbiasa memakan kotoran dan sisa makanan ikan yang lain loh sob. Perawatan ikan corydoras juga tidak terlalu rumit.

11. Ikan Oscar

jenis ikan hias air tawar

Ikan oscar atau Astronotus Ocellatus merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari perairan sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini memiliki beragam jenis dan setiap jenisnya memiliki corak warna yang berbeda. 

Baca Juga : Jenis Ikan Predator yang Bisa Hidup Tanpa Aerator

Ikan oscar sering dikategorikan sebagai ikan predator karena sifatnya yang agresif, sehingga perlu berhati-hati jika akan digabungkan dengan ikan jenis lain. 

Namun dibalik sifat agresifnya, ikan oscar sangat elegan jika dipandang. Perawatannya pun terbilang cukup mudah, anda cukup menyediakan akuarium berukuran besar dan memberi makan pabrikan maupun pakan hidup.

Itulah tadi 11 ikan hias yang dapat anda jadikan sebagai hewan peliharaan sekaligus untuk mempercantik ruangan agar lebih nyaman dan pikiran tidak mudah stress. Anda harus selektif dalam memilih ikan hias karena ada beberapa yang tidak bisa digabung dengan ikan jenis lain.

Semoga bermanfaat!
 

0 Response to "11 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Di Pelihara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel