7 Makanan Ikan Oscar agar Cepat Besar dan Warnanya Bagus

Memberikan Makanan Ikan Oscar yang bernutrisi tinggi tentunnya akan membuat ikan peliharaan anda akan cepat besar dan memiliki warna yang bagus.

Namun apabila kalian memberikan makanan ikan oscar tidak teratur atau makanan yang diberikan kurang untuk memenuhi kebutuhan si ikan oscar, maka yang terjadi adalah si ikan oscar akan mengalami perlambatan pertumbuhan. 

Makanan hidup juga diperlukan untuk menunjang protein dan gizi ikan oscar agar dapat tumbuh dengan cepat dan sehat. Selain itu, dengan makanan hidup juga dapat mencerahkan corak warna ikan oscar dan membangkitkan insting berburu seperti di habitat aslinya. 

 
makanan ikan oscar


Ikan oscar atau Astronotus ocellatus merupakan salah satu ikan predator yang sudah terkenal di Indonesia. Parasnya yang sangar serta corak warna yang menawan menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan oscar. Jenis ikan oscar cukup beragam dan setiap jenisnya memiliki corak warna ya

Corak warna yang diperoleh ikan oscar merupakan hasil dari pemilihan makanan yang tepat. Oleh karena itu jika akan merawat ikan oscar harus teliti dalam memilih makanan. Cara merawat ikan oscar pun tidak lah sulit, hampir sama dengan ikan predator lainnya.

Makanan Ikan Oscar agar Cepat Besar dan Warnanya Bagus


Berikut ini ada beberapa jenis makanan ikan oscar yang baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan serta dapat mencerahkan corak warna ikan oscar:

Berikut ini rekomendasi makanan hidup untuk ikan oscar agar cepat besar dan warnanya menjadi cerah:

1. Jangkrik

Ternyata ikan oscar juga suka makan jangkrik loh sob. Tidak hanya burung saja yang menyukai jangkrik, Ikan oscar biasanya juga suka makan jangkrik yang masih segar, dan ikan oscar juga cukup agresif saat makan. 

Anda harus memberikan jangkrik yang masih segar, karena jika sudah tidak segar ikan oscar kurang begitu menyukainya. 

Dengan memberikan jangkrik kepada ikan oscar, dipercaya dapat membantu mencerahkan warna sisik ikan menjadi lebih terang dan cantik.

2. Ikan Kecil

Pakan ini menjadi salah satu pakan favorit ikan oscar karena dihabitat aslinya ikan kecil merupakan makanan keseharian ikan oscar. Ikan kecil mengandung nutrisi yang baik serta didalamnya terdapat vitamin, karbohidrat, kalsium dan protein, yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan.

3. Cacing Sutra

Cacing sutra merupakan salaha satu jenis makanan ikan oscar yang dapat membantu pertumbuhan si ikan. Tidak hanya ikan oscar, ikan hias lainnya juga cocok menggunakannya.

Pemberian cacing sutra sangat baik untuk diberikan pada anakan ikan oscar yang masih memerlukan kebutuhan gizi yang baik agar menjadi besar dan sehat. 

Didalam cacing sutra terdapat kandungan yang kaya akan protein dan lemak, hal inilah yang membuat cacing sutra menjadi pilihan terbaik untuk para peternak ikan. Anda dapat membeli cacing sutra ini di toko ikan hias, namun anda juga dapat membudidayakan sendiri dirumah agar hemat.

4. Kelabang

Makanan keempat untuk ikan oscar adalah kelabang, hewan yang terlihat cukup mengerikan bagi setiap orang. Hewan dengan gerakan yang cepat dan memiliki gigitan menyakakitkan ini ternyata baik untuk ikan oscar dalam hal mempercantik sisiknya. 

Anda dapat memberikan kelabang secara rutin, minimal satu minggu sekali.

5. Udang 

Selanjutnya pakan untuk ikan oscar yang dapat membuat corak sisik menjadi lebih cerah yaitu udang. Udang banyak mengandung khasiat yang bermanfaat untuk ikan oscar seperti zat karoten nutrisi yang tinggi.

Pakan ini cukup mudah ditemukan dengan harga yang murah. Namun kalian harus memperhatikan sungut dari udang, karena hal ini dapat membahayakan anakan ikan oscar.

6. Kutu Air

Kutu air ini juga baik untuk pertumbuhan anakan ikan oscar. Di dalam kutu air terkandung protein yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang membudidayakan ikan oscar. Kutu air ini dapat anda temukan di toko ikan hias dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk merupakan salah satu makanan ikan oscar agar tumbuh sehat dan cepat besar. Pakan ini sangat cocok untuk anakan ikan oscar agar dapat tubuh besar dengan cepat. Selain itu, untuk mendapatkan jentik nyamuk juga cukup mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya.

Jentik nyamuk biasa ditemukan di bak mandi yang kotor, rawa, selokan dan genangan air. Namun anda harus mencuci terlebih dahulu jentik nyamuk yang diambil dari tempat-tempat tersebut untuk menjaga kebersihan akuarium ikan oscar.

Waktu Pemberian Pakan Ikan oscar

Ikan oscar kecil/remaja

 
Ikan oscar kecil/remaja merupakan ikan yang berukuran kurang dari 10 cm. Ikan oscar kecil yang sedang dalam pertumbuhan membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi. Aturan pemberian pakannya adalah sebagai berikut:
 
  1. Jika panjang ikan kurang dari 10 cm, maka anda dapat memberi makan sedikitnya tiga kali sehari sampai perut ikan terlihat agak membulat.
  2. Jika panjang ikan lebih dari 10 cm, maka anda dapat mengurangi pemberian pakan menjadi dua kali sehari.

 Ikan oscar dewasa

Ikan oscar dewasa merupakan ikan yang telah berusia satu tahun. Aturan pemberian pakannya adalah sebagai berikut:

  1. Ikan oscar dewasa tidak boleh diberi makan lebih dari sekali sehari.
  2. Ikan oscar dewasa bisa diberi makan selama sekitar empat hari seminggu. Ini memberi waktu sehari bagi pencernaan ikan sampai benar-benar bersih sebelum makan lagi.  

 

Penyebab Ikan Oscar Tidak Mau Makan

Ketika ikan oscar tiba-tiba berhenti makan atau tidak mau makan, hal itu karena ada beberapa alasan, tetapi biasanya itu adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dari makanannya atau dari ikan oscar itu sendiri. 

Langkah-langkah berikut cara mengatasi ikan oscar tidak mau makan:

  • Tes parameter air di dalam akuarium; pH harus antara 6.0 dan 8.0.
  • Cobalah jenis makanan yang berbeda.

Jika kondisi air baik-baik saja dan Anda sudah mencoba makanan yang berbeda tapi oscar masih saja tidak mau makan, berhentilah memberi makan ikan Anda selama beberapa hari. Biasanya ikan yang sehat akan mulai makan lagi ketika diberi makanan.

Itulah tadi seputar makanan ikan oscar agar cepat besar dan warnya bagus yang dapat anda berikan ke ikan oscar kesayangan anda. Semoga bermanfaat!

0 Response to "7 Makanan Ikan Oscar agar Cepat Besar dan Warnanya Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel