Jenis Ikan Cupang Avatar yang Harganya Capai Jutaan Rupiah!

Jenis Ikan Cupang Avatar - Di era pandemi seperti saat ini, banyak orang yang mengisi kegiatan dirumah dengan budidaya ikan. Dan salah satu ikan yang sedang viral saat ini adalah ikan cupang avatar, yang biasa dijuluki ikan peliharaan sultan. 


Ikan cupang avatar menjadi ikan cupang dengan level tertinggi karena harganya yang sangat mahal serta corak warna menarik. Harga satu ekor ikan cupang avatar di pasaran dibanderol dengan harga Rp 1 Juta bahkan hingga Rp 3 Juta per ekornya, tergantung pada ukuran dan coraknya.

Asal Usul Ikan Cupang Avatar

Ikan cupang avatar
Sumber : Samudranesia.id

Bagi penggemar ikan cupang tidak asing lagi dengan istilah kawin silang atau crossbreed. Hal ini sering dilakukan oleh peternak agar mendapatkan jenis ikan cupang baru.
Masih ingat dengan ikan cupang yang viral tahun lalu? Yak betul, ikan tersebut adalah cupang black mamba.


Singkat cerita, untuk penemu cupang avatar ini mungkin berfikir, bagaimana merubah warna putih yang terdapat pada ikan cupang black mamba menjadi warna biru. 
Kemudian si penemu ini mulai menyilangkanya dengan jenis ikan cupang yang kira - kira dapat mengubah warna putihnya menjadi warna biru.

Jenis cupang yang dipilih oleh penemu avatar ini adalah dari jenis cupang koi, yakni koi galaxi yang memiliki warna dominan biru.

Dan yang perlu kalian ketahui, setelah warna dari avatar ini jadi, meskipun jantan avatar dan betina avatar dikawinkan tidak semuanya menjadi ikan avatar.  

Di beri nama cupang avatar karena konon jika memperhatikan ikan ini mengingatkan pada sebuah film berjudul Avatar produksi Stephen Spielberg pada tahun 2000an yang lalu.

Ciri-ciri Ikan Cupang Avatar

Sebelum sobat memutuskan untuk mmelihara ikan sultan ini, sebaiknya sobat kenali terlebih dahulu ciri-ciri dari ikan cupang avatar. Jika dilihat sekilas cupang avatar memiliki penampilan yang hampir sama dengan ikan cupang pada umumnya.

Namun jika dilihat dengan seksama, ikan cupang memiliki karakteristik khas yang berbeda dengan jenis cupang lainnya. Ciri khas yang paling populer dari ikan cupang sultan ini adalah warna hitam dengan bintik-bintik biru ditubuhnya.

Perpaduan warna dengan corak bintik biru yang menarik akan terlihat seperti tokoh alien di film avatar, oleh karena itu ikan ini diberi nama cupang avatar. Selain itu, ikan ini juga sering disebut cupang black star galaxy, karena corak warnanya tersebut.

Jenis Ikan Cupang Avatar


1. Cupang Avatar /Black Blue Avatar/Blue Black Star Avatar

Jika warna biru menjadi warna favorit anda maka cupang avatar blue black ini bisa menjadi pilihan koleksi ikan cupang yang menarik. Inilah jenis cupang avatar yang pertama muncul berasal dari Thailand.

2. Cupang Avatar Red / Red Black Star Galaxy

Cupang Red Star Galaxy adalah cupang bertubuh hitam dengan sirip merah dan mutiara kebiruan

3. Cupang Avatar Gordon /Cupang Gordon

Ikan cupang avatar gordon memiliki warna yang sangat cantik. Dengan warna hitam dominan kontras dengan biru dan sekilas warna merah pada sirip dan ekornya. 

Avatar Gordon ini merupakan serian atau nama yang diberikan oleh peternak cupang yang menghasilkannya. "Cupang Gordon" ini dihasilkan oleh breeder cupang asal Indonesia yaitu Haris Haditia di Farm Asyila Betta Gallery. Kata Gordon sendiri berasal dari Kapten Gordon.

4. Avatar Vampire

Avatar Vampire ini merupakan serian atau nama yang diberikan oleh breeder (peternak) pada hasil silangan ikan cupangnya. Ikan cupang avatar vampire ini dominan warna hitam dihiasi sisik galaxy dengam sirip dan ekor berwarna merah

5. Cupang Avatar Gold

Cupang Avatar Gold adalah cupang berwarna dasar hitam dengan aksen emas di tubuhnya.

Itulah tadi asal mula terciptanya ikan cupang avatar dan jenisnya yang cukup beragam. Harga ikan cupang avatar juga tidak murah, jadi sobat bisa pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memeliharanya ya! Baca Juga : Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus


0 Response to "Jenis Ikan Cupang Avatar yang Harganya Capai Jutaan Rupiah!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel