Channa Asiatica, Ikan Gabus Mutiara dari China

Channa Asiatica 

Channa asiatica atau biasa di sebut dengan ikan gabus mutiara dari China ini merupakan salah satu ikan predator yang sangat di minati di Indonesia.


 

Channa Asiatica, Ikan Gabus China
Gambar Channa Asiatica

Mengenal channa asiatica

Channa Asiatica merupakan salah satu jenis ikan gabus yang familyar ditelinga penghobi ikan hias khususnya penggila snakehead. Corak bintik-bintik yang sangat indah ini menjadikan daya tarik tersendiri.

Jenis ikan gabus dari China ini dibagi menjadi 2, yakni channa asiatica white spot dan channa asiatica red spot. 

Channa asiatica memiliki nama lain yakni small snakehead. ikan gabus yang indah ini asli dari perairan China. 

Selain di negara cina, ikan gabus bertubuh mungil ini juga tersebar dibeberapa negara seperti Taiwan, Jepang, hingga di perairan Eropa yakni Afrika dan Amerika Serikat.

Walaupun hidup di daerah sub tropis, channa asiatica dapat cepat beradaptasi di daerah ber iklim tropis.


Ciri-Ciri dan Bentuk Fisik

Bicara saoal bentuk fisik, ikan channa asiatica memiliki bentuk kurang lebih sama dengan channa yang lainya. Yang membedakan hanyalah corak khas yang terletak dibagian sisi tubuhnya.

Warna dasar channa asiatica yakni hitam kecoklatan. Tidak hanya itu, ikan ini sangat di gemari karena ada warna tambahan corak bintik-bintik seperti mutiara. Maka dari itu ikan channa asiatica asal cina ini sangat mudah dikenali.

Nah, untuk ukuran tubuh? channa asiatica mampu tumbuh rata-rata 30 cm saja.


Makanan 

Pada dasarnya channa asiatica tergolong ikan predator, yang berarti mereka lebih senang memangsa ikan lain, krustasea, dan mamalia kecil. Namun di akuarium ikan ini dapat dilatih untuk menerima beragam jenis makanan lainnya.

Biasanya para penghobi ikan gabus ini memberi pakan pelet dan udang untuk menaikan warna atau corak di tubuh channa asiatica.

Selalu di ingat, jangan terlalu sering memberinya makanan. Selain membuat air akuarium cepat keruh, pemberian pakan yang asal asalan dapat membuat si ikan channa asiatica kegemukan dan malas bergerak.


Habitat dan penyebaran wilayah

Habitat asli channa asiatica yakni mulai dari area2 hutan yang tergenang air,aliran2 sungai berarus pelan dan sering kali ditemukan bersembunyi di antara akar-akar pohon,ranting,daun kering.

Mereka tinggal di tempat yang pergerakan arusnya lumayan lambat, seperti di lembah sungai Chang Jiang (Yangtze) dan juga ditemukan di lembah sungai Xun yang berada di provinsi Guangxi dan Guangdong.


Ikan ini mampu hidup di alam liar yang memiliki suhu air 22 hingga 28 derajat Celcius dengan kadar pH 6 hingga 7,5. Walaupun berasal dari negara sub tropis, dia sangat mudah beradaptasi di negara yang memiliki iklim tropis.

Perbedaan channa asiatica rs dan ws

Channa asiatica memiliki 2 type atau varian yaitu, white spot dan red spot. Hal tersebut muncul dari kalangan penghobi ikan channa agar mudah membedakan saja. 

Channa asiatica white spot lebih menampakan warna bintik-bintik berwarna putih seperti mutiara, sedangkan channa asiatica red spot memperlihatkan bintik-bintik dan strip berwarna merah.

Perbedaan channa asiatica jantan dan betina

Channa Asiatica Jantan

Untuk membedakan channa asiatica jantan cukup mudah. Biasanya channa asiatica jantan memiliki sirip dubur dan sirip punggung yang panjang dan terlihat ada nya corak bintik-bintik berwarna keperakan.

Channa asiatica jantan cenderung memiliki kepala yang lebih oval, dan memiliki bagian rahang yang lebih besar, dalam bentuk tubuhnya pun jika kita lihat lebih panjang dan garang. Jika dilihat dari segi kelaminnya, channa asiatica jantan mempunyai 2 lubang pada bagian anusnya.


Channa Asiatica Betina

Sedangkan channa asiatika betina memiliki ukuran bintik bintik yang lebih besar dari siripnya. Dan jika dilihat secara detail, channa asiatica memiliki perut yang lebih buncit dan bentuk tubuh yang sedikit buntek daripada si jantan.

 Nah, untuk ciri-ciri kelaminnya yaitu hanya memiliki 1 lubang dibagian anusnya. Hal ini terlihat jika kalian mengangkat dan sedikit menekan anusnya.

Harga channa asiatica

Harga channa asiatica white spot berukuran baby biasanya dijual dengan harga Rp. 20.000 - Rp. 50.000. Sedangkan untuk ukuran dewasa channa asiatica white spot di hargai sekitar Rp.100.000 - 300.000.

Untuk channa asiatica red spot berukuran baby dijual sekitar Rp.50.000 - Rp. 100.00. Pada berukuran dewasa, dibandrol harga 200.00 hingga 300.000.


0 Response to "Channa Asiatica, Ikan Gabus Mutiara dari China"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel