Cara Merawat Ikan Hias yang Benar


Cara Merawat Ikan Hias yang Benar - Memelihara ikan hias memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain sekedar untuk mengisi waktu kosong, merawat ikan hias juga di percaya bermanfaat untuk menghilangkan stres dan katanya dapat mendatangkan keberuntungan.

merawat ikan hias
Cara Merawat Ikan Hias

Akhir-akhir ini ikan hias menjadi hewan peliharaan yang cukup diminati, entah itu dari jenis ikan hias cupang, ikan hias air laut, ikan hias air tawar maupun jenis ikan hias predator.

 

Nah, jika kalian ingin ikut memelihara ikan hias atau bahkan baru pertama kali terjun dalam kegiatan ini pasti muncul pertanyaan tentang bagaimana cara merawat ikan hias yang benar? Tenang sob, sebenarnya memelihara ikan hias itu cukup mudah dan tidak terlalu merepotkan.


Perawatan ikan hias dimulai dari wadah yang disebut sebagai akuarium, lalu proses aklimatisasi kemudian perhatikan kesehatan si ikan hias kita.

 

Terus bagaimana cara agar ikan hias tidak mudah mati pada saat di pelihara di akuarium? Berikut ini adalah langkah-langkah merawat ikan hias yang benar.


Cara Merawat Ikan Hias yang Benar

 

Ukuran Akuarium

 

Yang pertama adalah tentukan terlebih dahulu ukuran akuarium, jenis ikan hias dan akan seberapa banyak ikan yang akan dipelihara. Jangan sampai terlihat terlalu luas atau bahkan terlalu sempit karena hal itu dapat berdampak pada si ikan pelihara kita.

 

Biasanya, ukuran ideal akuarium ikan hias seperti ikan guppy, molly, manfish dan ikan kecil lainnya tidak lebih dari 80 cm panjangnya.

 

Tapi jika kalian memelihara ikan hias seperti arwana atau ikan hias predator lainnya, kalian perlu menyediakan akuriuam yang cukup luas. Karena jenis ikan tersebut dapat tumbuh besar dan panjang.


Pemilihan Ikan


Yang kedua yakni kenali terlebih dahulu jenis ikan yang akan di pelihara. Ikan air tawar bisa jadi rekomendasi  terbaik untuk kalian yang baru mengenal dunia ikan hias, karena jenis ikan tidak memerlukan perawatan akuarium yang rumit.


Secara umum, jenis ikan air tawar di akuarium rumah jarang memiliki masalah, entah itu dari masalah kualitas air dan kesehatan ikan. Sebaliknya, ikan tropis membutuhkan akuarium air asin dengan pemeliharaan yang lebih sulit dan perlu pengetahuan lebih soal merawat ikanMemang perlu diakui bahwa ikan tropis sangat mempesona.


Terus jenis ikan apa yang mudah di pelihara di akuarium? Menurut pendapat para penghobi ikan hiasjenis ikan kecil memiliki sifat yang tenang. Memlihara ikan kecil juga tidak perlu membutuhkan akuarium yang besar.


Berikut ini jenis ikan yang cocok dipelihara untuk pemula. Neontetra, Zebra Danio dan Dwarf Gurami adalah pilihan yang sangat baik.

BACA JUGA : Cara Memelihara Ikan Hias di Akuarium tanpa Oksigen ( Aerator )

Sistem Filtrasi yang Baik

 

Supaya ikan hias pelihara kita hidup nyaman dan sehat, kalian perlu memiliki alat tambahan seperti sistem filtrasi. Alat ini sangat wajib dipasang di dalam akuarium yang berfungsi sebagai penyedot kotoran dan lumut agar lalu tersaring hingga membuat air akuarium kita menjadi bersih.

 

Ada beberapa jenis filter akuarium yang bisa kalian pakai sesuai dengan penggunaan dan ikan yang di pelihara. Contohnya filter internal yang biasa diletakan di dalam akuarium dengan penggunaan yang terbata. Lalu filter hang on atau filter gantung yang berfungsi menyedot air ke atas di box filter. Kemudian filter eksternal, sistem penyaring yang digunakan lengkap yakni mekanik, biologis dan kimiawi.

 

Yang jelas, menggunakan filter akuarium dapat membantu memperpanjang jarak pergantian air sehingga tidak membuat kita repot dalam hal merawat ikan hias.

 

Selalu Perhatikan Kualitas Air


Air menjadi salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan, jadi kalian tidak asal-asalan memasukan air dalam akuarium.

 

Terus air yang berkualitas untuk ikan hias itu seperti apa? air yang baik untuk ikan hias adalah harus memiliki suhu dan pH tertentu, maka dari itu kita perlu mengenal ikan hias terlebih dahulu agar kita tau ikan hias yang kita rawat itu hidup di suhu dan pH berapa.

 

Perubahan suhu yang terjadi di dalam akuarium dapat berdampak negatif pada kelangasungan hidup si ikan hias. Nah untuk mengetehaui pH di dalam air, disarankan untuk membeli alat pengukur pH agar kita bisa memeriksanya setiap saat.

BACA JUGA : Cara Merawat Ikan Hias di Akuarium untuk Pemula

Memberi Pakan Teratur

 

Memberi makan yang berlebihan menjadi kesalahan umum yang dilakukan si pemilik ikan, bahkan ada ikan yang mati karena terlalu banyak melahap pakan yang kita berikan. Untuk itu kalian perlu mengatur pemberian pakan agar si ikan dapat tumbuh berkembang.

 

Ikan dewasa dapat di beri makan sehari sekali dan untuk ikan kecil mungkin membutuhkan 2 atau 3 kali makan dalam sehari.

 

Ingat, lebih baik kurang memberi pakan daripada berlebihan memberikan pakan. Karena jika berlebihan akan ada penumpukan anomia di dalam akuarium dan yang jelas dapat menyebabkan ikan hias terkena penyakit.

 

Mengganti Air

 

Walaupun kita mempunyai alat bantu filter, kita tetap harus rajin mengganti air akuarium paling tidak 2 minggu sekali untuk tujuan lebih menjaga kebersihan air akuarium. Karena limbah yang terlarut di dalam air tidak terlihat dengan mata telanjang.

 

Tapi tidak perlu mengganti semua air di akuarium, cukup 30 - 40 % saja. Jika kalian mengganti air seluruhnya, yang terjadi si ikan akan kaget dan harus beradaptasi lagi dengan air yang baru.

 

0 Response to "Cara Merawat Ikan Hias yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel