Jenis Ikan Belida Hias, Ikan Predator Berpunggung Pisau


Jenis Ikan Belida Hias - Ikan belida memiliki nama latin Notopetrus Chitala atau dalam bahasa  inggrisnya knife fish. Di Indonesia, ikan belida memiliki berberapa nama yakni, ikan belido, ikan lopis dan ikan pipih.

Pada awalnya ikan belida ditangkap untuk dijadikan ikan konsumsi bagi masyakarat sekitar. Tapi seiring berjalannya waktu, kolektor ikan predator menilai bahwa ikan belida layak untuk dijadikan ikan hias.

Ternyata ikan belida langka memiliki banyak jenis dan setiap jenis ikan belida memiliki keunikan sendiri-sendiri, berikut ini adalah jenis ikan belida hias yang cocok buat hiasan akuarium anda sob.

Jenis Ikan Belida Hias


ikan belida

1. Belida Jawa


Ikan belida jawa merupakan ikan predator asli dari Indonesia. Tapi sayangnya, ikan yang menawan untuk dijadikan hiasan akuarium ini dikabarkan mengalami kepunahan. Hal tersebut terjadi karna maraknya penangkapan dan perubahan fungsi lahan khususnya didaerah aliran sungai jawa.

Habitat ikan belida yakni di sungai besar dipulau jawa dan sumatra. Ikan ini juga sering sekali ditemukan di perairan yang berarus lambat.

Ciri khas ikan belida jawa adalah punggung yang melengkung seperti pisau. Warna ikan ini pun cukup sederhana yakni polos dan cenderung berwarna gelap.


2. Belida Bangkok


Sekilas ikan belida bangkok hampir mirip dengan ikan belida jawa. perbedaannya yakni di bagian marking, ikan ini memiliki marking bulat di kedua sisi tubuhnya.

Ciri khas lainnya yang membuat ikan ini unik adalah sirip ekor yang menyambung dengan sirip dubur. Rahang ikan belida juga tumbuh memanjang seiring dengan pertambahan umurnya.


3. Belida Albino


Sama seperti ikan jenis albino lainnya, ikan belida albino memiliki kelianan genetik sejak ia lahir. Warna dasar ikan ini adalah putih dan ditambahi mata yang berwarna merah.

Ikan belida albino menjadi pilihan terfavorit para penghobi ikan predator. Ikan ini juga cocok utuk digabungkan dengan ikan predator lainnya karna sifatnya kalem.


4. Belida Royal


Ikan belida royal cukup sulit ditemukan jika dibandingkan dengan belida bangkok. Bentuk tubuhnya secara umum sama dengan jenis belida lainnya, namun ikan ini memiliki marking bintik-bintik cenderung bergaris pada tubuh bagian tengah hingga ekor, sedangkan bagian kepala dan punggungnya polos.


5. Belida Afrika 


Jenis belida ini masih jarang dan sulit ditemukan. Bentuknya agak berbeda dengan ikan belida lainnya yakni tidak memiliki punggung yang melengkung pada umumnya.

Ciri khasnya yang membuat ikan sangat disukai adalah corak di tubuhnya yang berwarna hitam dan kuning. Motifnya yang unik membuat belida afrika sangat menawan dan cocok dijadikan ikan hias.


Perawatan Ikan Belida Hias

Soal perawatan ikan belida kurang lebih sama dengan merawat ikan hias lainnya. Tapi yang perlu kalian ketahui, ikan belida memiliki sifat pemalu dan cenderung mudah stress. 

Ikan belida butuh area yang cukup luas dan okesigen yang cukup, maka dari itu kolam ikan belida harus memiliki luas kira-kira 2 x 1,5 m dan ketinggian air 30-45 cm, suhu kolam sekitar 20-30 derajat . Ikan belida memiliki sifat omnivora yang dapat memakan ikan-ikanan seperti ikan mas , anak-anakan ikan lele, serta dapat memakan udang-udangan.

Catatan

Populasi ikan belida belakangan sangat menurun. Mungkin karena faktor perburuan ikan ini terbilang sangat berlebihan dan penangkapannya pun kerap menggunakan cara-cara yang tak ramah lingkungan seperti, dengan bom ikan dan lain sebagainya. 

Pada aturan tersebut dijelaskan bahwa seluruh spesies dari famili Notopteridae, termasuk Belida Borneo, Sumatera, Lopis dan Belida Jawa dilindungi dan tidak boleh dijualbelikan tanpa izin.

Oleh karena itu kita sebagai penghobi ikan hias di tuntut untuk selalu menjaga kebersihan sungai, terutama karna faktor pencemaran lingkungan akibat dari kegiatan industri, peternakan, pertanian dan perkebunan menjadikan habitat belida semakin terdegradasi. 

Selain itu, kita perlu melakukan pemijahan, langkah ini bisa dilakukan oleh masyarakat dengan membudidayakan belida secara legal dan resmi.

Nah, itulah beberapa jenis ikan belida hias terpopuler. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Jenis Ikan Belida Hias, Ikan Predator Berpunggung Pisau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel