Jenis Ikan Cupang Aduan dan Harganya di Pasaran Indonesia

Jenis Ikan Cupang Aduan dan Harganya - Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan cupang? Selain memiliki warna yang cantik, ikan cupang juga populer karena sifat agresif yang selalu siap menghantam apa saja yang masuk di wilayahnya. 


Cupang Aduan
Jenis Ikan Cupang Aduan


Ikan cupang atau Betta Sp merupakan salah satu jenis ikan kecil yang galak namun mudah dipelihara. Jenis ikan cupang banyak di temui di kawasan Asia Tenggara seperti, Thailand, Brunei, Malaysia, Vietnam, Singapura hingga di Indonesia. 


Ikan cupang asli dari Indonesia sendiri memiliki beberapa jenis dan varian tergantung dari warna, corak bahkan siripnya pun juga berpengaruh besar. Salah satu ikan cupang asli dari Indonesia adalah Betta Channoides yang berasal dari perairan pampang, Kalimantan Timur. 


Jika di lihat dari segi peminatnya, ikan cupang memiliki banyak penggemar di semua kalangan. Bahkan ada yang sampai membuat sebuah kontes ikan cupang hias dan aduan. Hal tersebut semakin menambah peminat dikalangan pecinta ikan cupang dan tentunya harga ikan cupang akan melambung tinggi jika ikan cupang tersebut dapat memenangkan kontes. 


Yang perlu kalian ketahui, ikan cupang dibagi menjadi 3 jenis yakni, ikan cupang hias, ikan cupang aduan dan ikan cupang alam atau liar. Dan tentunya setiap golongan tersebut memiliki perbedaan yang signifikan, entah itu dari segi warna, bentuk tubuh atau pada bagian sirip. 


Nah kali ini iwakgalak.com akan memberikan sedikit informasi tentang jenis ikan cupang aduan dan harga jualnya dipasaran Indonesia. 


Jenis Ikan Cupang Aduan dan Harganya  

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan cupang aduan dan harga jualnya di pasaran saat ini. Yuk simak! 

Jenis Ikan Cupang Crown Tail 

Ikan cupang jenis crown tail ini merupakan ikan cupang asli dari Indonesia yang biasa disebut cupang serit. Ikan ini dijuluki crown tail karena dibalik siripnya seperti menyerupai mahkota.  


Untuk jenis ikan serit ini dibagi menjadi dua yaitu serit tunggal atau pada bagian seritnya memiliki satu tulang sirip dan juga serit ganda. Seiring waktu, ikan ini kian populer sehingga merambah sampai kanca Internasional. Hal ini menjadikan ikan cupang memiliki harga yang cukup mahal mencapai 5.000 – 3,000.00 ribu rupiah. 


Jenis Ikan Cupang Giant 

Ikan cupang jenis giant sering disebut sebagai ikan cupang raksasa ini dikembangkan dinegara tetangga yaitu negara Tahiland. Disana, ikan cupang jenis giant bisa tumbuh besar mencapai 12 – 15 cm atau lebih tepatnya bisa tigakali lipatnya cupang pada umumnya.  


Sayangnya, dengan berat yang cukup besar ikan cupang jenis giant ini cenderung bergerak lambat dan kurang begitu agresif. Ikan cupang raksasa ini dipasaran dihargai mencapai 50.000 – 500.000. 


Jenis Ikan Cupang Halfmoon 

Ikan cupang jenis halfmoon, jika dilihat dari segi sirip memang berbentuk sesuai dengan namanya yakni menyerupai setengah bulan atau setengah lingkaran bila dilihat dari samping. Ikan cupang jenis halfmoon lebih cocok dijadikan sebagai ikan cupang hias daripada ikan cupang petarung. 


Cupang jenis halfmoon memiliki beberapa varian warna yaitu orange, merah, hitam, biru dan warna lainnya. Harga cupang halfmoon dibandrol kisaran harga 5.000 – 400.000 tergantung dari warna dan bentuk siripnya. 

BACA JUGA : Inilah Ciri-ciri Ikan Cupang Aduan Terganas


Jenis Ikan Cupang Plakat  

Ikan cupang jenis plakat atau ikan cupang aduan ini berasal dari Thailand. Penamanya ‘plakat’ berasal dari thailand yang artinya ikan aduan atau ikan petarung. Ikan ini memiliki tubuh yang kecil dan sirip yang lebih pendek sehingga membuat ikan ini terlihat kokoh.  


Ikan ini juga bisa dijadikan sebagai ikan hias karena memiliki tubuh yang kecil dan imut. Masyarakat Indonesia menyebut ikan ini dengan panggilan cupang laga dan biasanya dijual dengan harga 5.000 – 300.000 ribu saja. 


Jenis Ikan Cupang Double Tail 

Ikan cupang jenis double tail ini ikan cupang yang hampir sama dengan jenis ikan cupang halfmoon. perbedaanya adalah ikan cupang doubel tail memiliki susunan sirip ekornya terbelah dua dan terlihat seperti cagak.  


Cupang double tail ini juga tergolong ikan cupang yang sangat agresif . Namun, ikan cupang jenis double tail masih jarang orang yang membudidayakan sehingga cukup sulit untuk mendapatkan ikan cupang cagak tersebut.  


Untuk kisaran harga cupang double tail ini dijual antara 15.000 – 400.000 tergantung dari warna ikan cupang itu sendiri. Semakin bagus ikan tersebut tentunya akan semakin mahal harganya. 

Baca Juga : Jenis Ikan Cupang Avatar dan Harganya


Di atas adalah informasi tentang beberapa jenis ikan cupang aduan dan harganya yang ada di pasaran Indonesia. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Jenis Ikan Cupang Aduan dan Harganya di Pasaran Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel