5 Penyakit Pada Ikan Hias dan Pencegahannya

Penyakit Pada Ikan Hias - Sebenarnya memelihara ikan hias itu mudah jika kita paham cara merawatnya. Seperti hewan peliharaan lainnya, ikan hias juga tidak lepas dari berbagai penyakit yang disebabkan beberapa faktor. 

Seringkali para penghobi ikan hias mendapatkan gangguan dalam merawat ikan hias seperti penyakit pada ikan hias

Jika penyakit itu dibiarkan atau tidak segera diobati maka yang terjadi adalah ikan hias akan mati secara berlahan dan dapat menyebar ke ikan lainya.

Nah kali ini Iwakgalak.com akan berbagi mengenai beberapa penyakit yang biasanya terjadi pada ikan hias dan cara pencegahannya. Mau tau apa saja jenis penyakitnya? Simak ulasan berikut:

Jenis Penyakit Ikan dan Pencegahannya

5 jenis penyakit ikan
Sebelum anda mengobati sebaiknya pahami dahulu jenis penyakit yang menyerang ikan anda. Ada tiga jenis penyebab ikan terserang penyakit yaitu bakteri, parasit, dan virus.

Diantara ketiga penyakit tersebut yang paling parah atau bahaya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Jika tidak dicegah atau segera di obati maka ikan kalian akan mati dalam waktu yang singkat.

1. Luka Pada Tubuh Ikan ( Ulcer )

Penyakit ini sering terjadi pada ikan yang digabungkan atau comtank. Karena pada saat di comtank ikan sering berantem dengan ikan lainnya dan hal tersebut membuat luka dibagian tubuhnya.

Selain itu penyakit ulcer juga bisa muncul pada saat ikan dalam kondisi stress misalnya menabrakan tubuhnya ke kaca akuarium atau ke oranament lainya sehingga membuat ikan terluka.
    Pencegahan : Untuk memasukan ikan baru, lebih baiknya dikarantina terlebih dahulu atau pada saat memasukan ikan baru disesuaikan dulu dengan suhu akuarium  kalian dengan cara merendam dalam kantong plastik ke akuarium kalian.

    Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Ikan Louhan ( HITH ) 

    2. Sisik Mengembung ( Dropsi )

    Penyakit ini disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang baik untuk kehidupan ikan. Contohnya banyak sisa-sisa makanan yang ada didalam akuarium kalian.
    Pencegahan : Gunakan pompa air yang baik agar bisa menarik sisa-sisa makanan yang ada diakuarium kalian atau gunakan media filter biologis, mekanis dan kimia agar dapat mengurai sisa makanan serta kotoran dengan baik. Rajinlah mengganti air 30% per minggu.

    3. Bintik Putih ( White Spot )

    Penyakit ini disebabkan oleh parasit yang menempel di tubuh ikan. Penyakit ini muncul biasanya karena faktor suhu diakuarium kalian tidak stabil.
    Pencegahan : Karantina ikan yang terkena penyakit agar tidak menyebar ke ikan lainnya. Lalu gunakan heater atur suhu di 30 derajat agar parasit itu tidak berkembang dan mati. kalian juga bisa menaburkan garam ikan dengan sesuai aturan untuk mencegah penyakit berkembang.

    4. Mata Bengkak (Popping Eye)

    Penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya namun jika dibiarkan penyakit itu dapat merusak pengelihatan ikan. Mata bengkak muncul karena kualitas air di dalam akuarium kalian tidak baik.
    Pencegahan : Usahan menggunakan sistem filtrasi yang baik serta rutin untuk mengganti air paling tidak 30% per minggu.

    5. Busuk Mulut

    Busuk mulut timbulkan oleh bakteri fexibakter columnaris. Penyakit tersebut membuat mulut ikan terlihat putih pucat seperti ditumbuhi jamur.
    Pencegahan : Karantina ikan yang terkena penyakit lalu diberi obat sesuai dengan aturannya.

    Bagaimana sob? semoga ulasan diatas cukup membantu kalian dalam merawat ikan kesayangan.

    Baca Juga :  Jenis Ikan Hias yang Mudah Di Pelihara

    0 Response to "5 Penyakit Pada Ikan Hias dan Pencegahannya"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel