Cara Membuat Aquascape untuk Pemula


Cara Membuat Aquascape untuk Pemula- Membuat aquascape bertujuan untuk memperindah tampilan akuarium dengan cara memadukan tanaman, batu, kayu, ikan dan lainnya di satu wadah. Namun ada juga aquascape yang terdiri dari tanaman saja tanpa ikan, atau dengan bebatuan atau hardscape lain tanpa tanaman.

Cara Membuat Aquascape untuk Pemula

Cara Membuat Aquascape untuk Pemula
Cara Membuat Aquascape untuk Pemula

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membuat aquascape, berikut ini iwakgalak akan membagikan informasi bagaimana cara membuat aquascape untuk pemula yang bisa kamu ikuti di rumah. Yuk, langsung saja simak artikel di bawah ini!


1.  Bahan Aquascape yang Diperlukan

Langkah pertama dalam cara membuat aquascape pastinya kalian sudah menyiapkan bahan aquascape yang kamu perlukan untuk membuatnya. Bahan-bahan dasar yang kamu butuhkan nanti untuk membuat aquascape ini adalah akuarium, pupuk dasar, pupuk cair, pasir, bebatuan, kayu, tanaman, filter, saringan, dan lampu.

Mungkin ada banyak orang mengurungkan niatnya untuk mengikuti atau membuat aquascape karena takut harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Namun, jangan khawatir sob, karena kamu bisa membuat aquascape berukuran sedang dengan kisaran harga di bawah Rp 500.000. Bahkan kamu bisa menggunakan akuarium bekas loh sebagai wadah aquascape. Untuk harga bahan-bahan lainnya pun dibanderol dengan harga yang terjangkau. 

Nah, setelah semua bahan aquascape sudah kamu siapkan di rsa cukup, sekarang kamu bisa membuat aquascape dengan mudah.


2. Atur Bagian Dasar Akuarium

Langkah selanjutnya dalam cara membuat aquascape yaitu mengatur pada bagian dasar akuarium. Kalian dapat menaburkan dasar akuarium dengan pasir atau substrat yang sudah disiapkan tadi. 

Pemilihan substrat aquascape yang tepat menjadi hal yang sangat penting. Kenapa? Karena tergantung pada tanaman yang ingin ditanam, substrat yang tepat akan berpengaruh pada ukuran, perkembangan, dan warna tumbuhan nantinya sob.

Ada beberapa jenis pasir yang bisa dipilih. Nah, sebaiknya kamu memilih pasir yang berjenis silika. Biasanya harga pasir silika dijual murah dengan kisaran harga Rp 10.000 per kilogram.

Idealnya dalam membuat aquascape ini, ketebalan pasir yang ditabur ke didasar akuarium kira-kira sekitar dua sampai tiga sentimeter saja, sedangkan untuk bagian pinggir akuarium lebih baik memiliki dasar pasir yang lebih tebal. Sementara itu, pada bagian tengah permukaannya sebaiknya pasir dibuat melekuk untuk tujuan agar kita mudah mengisi pupuk.


3. Memberi Pupuk

Setelah pasir tertata sesuai keinginan, kamu bisa langsung melakukan cara membuat aquascape selanjutnya, yaitu dengan memberi pupuk ke dalamnya. Penggunaan pupuk dalam aquascape ini adalah sebagai vitamin dan mineral yang nanti akan dibutuhkan oleh tanaman agar tetap hidup dan bertumbuh dengan baik.

Kemudian taburkan saja pupuk tersebut di bagian tengah akuarium yang memiliki dasaran pasir lebih tipis. 

Untuk harga pupuk dalam membuat aquascape ini tidak terlalu mahal sob. Kamu dapat memperoleh satu kantong pupuk yang besar dengan harga Rp100.000 dan bisa digunakan berulang kali loh sob.


4. Hias Akuarium dengan Bebatuan dan Kayu

Cara membuat aquascape yang sebenarnya baru dimulai disini. Kali ini anda dituntut untuk lebih kreatif. Hiaslah akuarium milikmu agar terlihat lebih indah dipandang atau kalian juga bisa mencari referensi tentang tema aquascape.

Bebatuan dari batu dan kayu biasa disebut dengan hardscape. Lalu ciptakan lingkungan akuatik yang indah dengan tambahan bebatuan atau kayu. Tanaman saja tidak cukup untuk menjamin estetika akuarium. Anda perlu menambahkan bahan batu atau kayu agar lebih terlihat unik dan untuk tujuan mendukung pertumbuhan makhluk hidup di dalam aquascape kalian sob.


5. Mulailah Menanam Tanaman Aquascape

Saatnya kalian memasuki bagian inti dari cara membuat aquacape. Dalam proses ini, kamu bisa memulai bercocok tanam dengan menaruh tanaman-tanaman untuk akuariummu. 

Sebelum menanam sebaiknya isi air terlebih dahulu sekitar seperempat akuarium. Selanjutnya, barulah kalian bisa memulai menanam tumbuhan aquascape yang sudah kamu siapkan tadi. Oh iya, pada saat mengisi air, pastikan kamu melakukannya dengan perlahan agar tidak merusak dekorasi yang sudah dibuat tadi.

Dalam hal ini kalian perlu memperhatikan jenis tanaman aquascape yang cocok untuk anda. Karena tidak semua tanaman cocok ditanam di dalam aquascape. Ada  beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam dalam aquascape misalnya Spatterdock, Valisneria, Cabomba, Tiger Nymphea Lotus Tenelus atau rumput air, Echinodorus, dan Wendtii.


6. Memasang Peralatan Aquascape

Ketika bercocok tanam sudah dilakukan, bukan berarti cara membuat aquascape kalian sudah selesai sob. Ada bagian penting lainnya yang harus dipenuhi dalam membuat aquascape. Kalian perlu memastikan kelangsungan hidup ikan dan juga tanaman-tanaman tersebut. Untuk itu kalian perlu menambahkan peralatan aquascape seperti filter untuk menyaring kotoran dan lampu yang nantinya dibutuhkan tanaman sebagai pengganti sinar matahari.

Namun, sebelum memasang semua peralatan tersebut, pastikan akuarium sudah penuh dengan air ya. Dan jangan lupa juga untuk menyisakan sekitar 5-10 cm bagian atas akuarium yang terbebas dari air. Barulah setelah itu kamu bisa memasang filter, saringan, dan lampu di bagian atas akuarium.


7. Masukkan Ikan Hias ke dalam Aquascape

Membuat aquascape memang lebih fokus terhadap tanaman di dalam akuarium. Namun terlihat kurang lengkap rasanya apabila kita tidak masukan jenis-jenis ikan aquascape yang cantik. 

Kamu bisa memasukkan beberapa ikan hias ke dalamnya. Ada banyak sekali jenis ikan hias aquascape yang cocok untuk melengkapi akuarium kalian sob.  Nah, biasanya para pemain aquascape menambahkan jenis ikan hias seperti, ikan komet, manfish, dan ikan tetra.


8. Beri Pupuk Secara Rutin

Di rasa aquascape milikmu sudah jadi karena hardscape, tanaman dan ikan sudah ada di dalam akuarium. Namun, bukan berarti cara membuat aquascape berhenti disitu saja. Kamu juga perlu memahami bagaimana cara merawat aquascape. Hal ini harus dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa ikan dan tanaman-tanaman di dalam aquascape  tetap hidup dan tumbuh dengan baik.

Setidaknya, kamu perlu mengganti air dan memberi pupuk pada aquascape milikmu paling tidak seminggu sekali agar tanaman-tanaman yang sudah ditanam memperoleh nutrisi yang dibutuhkan. Dengan cara merawat aquascape ini, kamu akan bisa mendapatkan aquascape yang indah dan pastinya menambah manis dekorasi rumahmu sob.

Bagaimana, cara membuat aquascape untuk pemula ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Dengan cara membuat aquascape yang tepat, kamu bisa memperoleh dekorasi cantik untuk ruangan rumahmu. Dan ingat selalu merawat aquascape agar tidak berlumut dengan rutin agar terlihat indah setiap hari.

0 Response to "Cara Membuat Aquascape untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel